Pilkada Surabaya 2015

Pendaftaran Kandidat Pilkada Surabaya belum Jelas

Amaluddin    •    Jumat, 04 Sep 2015 12:36 WIB
pilkada serentak
Pendaftaran Kandidat Pilkada Surabaya belum Jelas
Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid mendaftar di KPU Surabaya, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Pendaftaran tahap keempat Pilkada Surabaya, Jawa Timur, belum jelas. KPU Surabaya masih menunggu putusan Bawaslu terkait laporan Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) soal pembatalan pencalonan Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid.

Sebelumnya KPU RI menyatakan membuka kembali pendaftaran Pilkada Surabaya pada 6 hingga 8 September 2015. Namun KPU Surabaya belum dapat memastikan pendaftaran tersebut. 

"Tanggal 6 sampai 8 September itu kalau tidak ada sengketa. Waktu pendaftaran masih akan kita simulasikan lagi. Kita masih menunggu hasilnya," ujar Komisioner Divisi Sosialisasi dan Humas KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi, di Surabaya, Jumat (4/9/2015).

Jadi, kata Nur Syamsi, jadwal perpanjangan pendaftaran belum jelas. Hasil laporan dari PAN dan Partai Demokrat pun belum diketahui.

KPU Surabaya, kata Nur Syamsi, hanya menjalankan proses pilkada sesuai aturan. "KPU menjalankan pilkada atas dasar undang undang. Bukan atas dasar desakan yang lain," tegasnya.

Beberapa hari lalu, KPU menggugurkan pencalonan Rasiyo-Dhimam dengan alasan berkas pendaftaran keduanya tidak memenuhi syarat. Lantaran hanya ada satu pasangan calon yang memenuhi syarat, yaitu Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana, KPU membuka kembali pendaftaran.

Dua partai pengusung Rasiyo-Dhimam tak terima dengan keputusan itu. Sehari setelah putusan tersebut, tepatnya pada 1 September 2015, perwakilan Partai Demokrat dan PAN melaporkan sengketa tersebut ke Bawaslu Pusat di Jakarta. Hingga berita ini dimuat, belum ada hasil putusan dari Bawaslu mengenai laporan tersebut.



(RRN)