Beri Arahan ke Pegawai PU-Pera, JK: Jangan Takut Buat Kebijakan

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 04 Sep 2015 12:59 WIB
kementerian pekerjaan umum
Beri Arahan ke Pegawai PU-Pera, JK: Jangan Takut Buat Kebijakan
Wapres Jusuf Kalla -- FOTO: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengimbau agar pejabat pemerintah di lingkungan Kementerian PU-Pera tidak takut membuat kebijakan. Apalagi menyangkut tentang proyek-proyek yang berdampak besar bagi masyarakat Indonesia, seperti proyek infrastruktur.

Dalam arahan yang disampaikan pada Rapat Kerja Kementerian PU-Pera, JK menyadari banyak proyek yang terhambat dan telat karena pejabat pemerintahan ketakutan dan khawatir jika nantinya kebijakan yang ditempuhnya dianggap merugikan negara. Namun, saat ini JK tegaskan, Pemerintah berkomitmen untuk mengubah stigma tersebut.

"Anda tidak boleh diperiksa kalau bikin kebijakan. Anda juga tidak boleh hanya dasar laporan sementara BPK/BPKP menjadi bagian merugikan negara. harus anda diklariifkasi dulu, semua kita harus tertibkan sehingga jangan tllu takut, mudah-mudahan kita di sini juga sesuaikan Undang-Undangnya yang benar," kata JK di Kantor Kementerian PU-Pera, Jakarta Selatan, Jumat (4/9/2015).

JK mengatakan, Kementerian yang dipimpin oleh Basuki Hadimuljono ini terbilang aman dari isu penyalahgunaan kebijakan meski memiliki postur anggarannya besar. Hal tersebut bisa diindikasikan dengan tak ada Menteri PU yang masuk dalam daftar hitam di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Justru kadang-kadang juga membingungkan, yang kena itu seperti, Menteri Sosial, Menteri Agama, Menteri Kesehatan. Mungkin karena dana besar makanya aman, karena itu dibagi sedikit-sedikit cukup, kalau anggarannya kecil harus dibagi besar," ujar dia.

Lebih jauh JK menambahkan, dirinya percaya jika pegawai di lingkungan Kementerian PU Pera memiliki integritas yang tinggi dan bisa menjaganya.

"Pengalaman saya belum ada pejabat PU kisih syarat, boleh lah ambil kredit, tapi tidak ada tetapinya, belakangan kita pergi makan-makan biasa kan, jadi tanpa syarat," pungkas dia.


(AHL)