KPU Kota Tangerang Selisik Persyaratan Camat Pinang

- 04 Juli 2013 19:20 wib
ANTARA/Fouri Gesang Sholeh/bb
ANTARA/Fouri Gesang Sholeh/bb

Metrotvnews.com, Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Banten, melakukan klarifikasi terkait terkait surat pernyataan pengunduran diri Camat Pinang Sachrudin yang bakal maju sebagai calon Wakil Wali Kota.

Klarifikasi itu dilakukan KPU ke Pemda Kota Tangerang. Seperti diketahui, Sachrudin akan mendampingi Arief R Wismansyah (Wakil Wali Kota saat ini) pada Pemilu Kada Kota Tangerang, 31 Agustus mendatang.

"Rabu (3/7) lalu, kami sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada Pemda Kota Tangerang. Mudah-mudahan sebelum penetapan calon yang di jadwalkan pada 13 Julli nanti, surat izin pengunduran diri Camat Pinang itu sudah keluar dari atasannya, dalam hal ini Wali Kota Tangerang Wahidin Halim," kata Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain, Kamis (4/7).

Ditanya soal keberadaan Sachrudin yang masih menjalankan aktivitas meskipun yang berangkutan sudah mundurkan diri dari jabatannya sebagai camat pada 1 Juni 2013 lalu, Syafril Elain mengatakan itu adalah tugas Panwaslu untuk melakukan pengawasan.

"Jika Panwaslu nantinya melaporkan hal tersebut, akan kami tidak lanjuti sesuai ketentuan yang ada," kata Syafril Elain.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Tangerang, Amal Herawan Budi mengatakan surat pernyataan pengunduran diri Camat Pinang, Sachrudin masih berada di meja Wali kota Tangerang Wahidin Halim. Dan belum di disposisikan kepada Badan Kepengawaian daerah untuk disetujui. "Saya kira ini masih nunggu proses saja," kata Amal.

Selain melakukan klarifikasi kepada Pemkot Tangerang, untuk melakukan verifikasi faktual para calon, KPU Kota Tangerang juga telah mengirimkan surat kepada DPP Partai Hanura. Ini terkait pengalihan dukungan dari pasangan Achmad Marju Kodri (Dirut PDAM Tirta Benteng)-Gatot Suprijanto (mantan Kadispora) kepada Harry Mulya Zein (Sekda Kota Tangerang)-Iskandar Zukarnaen (anggota DPRD Kota Tangerang).

"Mudah-mudahan dua surat ini, satu ke Pemkot dan satu Ke Hanura sudah terjawab sebelum masa penetapan Balon 13 Juli 2013 nanti," kata Syafril Eain (Sumantri Handoyo)

()

Suryadharma Ali menyebut, ada aspirasi dari bawah yang menghendaki berkoalisi dengan Gerindra.