Safety Riding

Bawa Barang Berlebih di Motor, Bahaya!

Ekawan Raharja    •    Selasa, 08 Sep 2015 10:21 WIB
safety riding
Bawa Barang Berlebih di Motor, Bahaya!
Muatan barang bawaan pada motor jangan sampai menggangu handling saat berkendara. MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat di Indonesia saat ini banyak yang mengandalkan sepeda motor sebagai transportasi sehari-hari. Tidak hanya untuk membawa penumpang, sepeda motor pun juga digunakan untuk memindah barang bawaan.

Penggunaan sepeda motor sendiri sudah diatur sesuai dengan bunyi pasal 137 ayat (2) dan (3) undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Angkutan orang yang menggunakan Kendaraan Bermotor berupa Sepeda Motor, Mobil penumpang, atau bus. Angkutan barang dengan Kendaraan Bermotor wajib menggunakan mobil barang."

Namun Asep Wawan, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika, menjelaskan bahwa pengendara masih diperbolehkan untuk membawa barang.

"Kepolisian masih memberikan longgaran soal angkatan barang di motor. Hal ini masuknya ke dalam etika berkendara," jelas pria yang akrab disapa Awe saat dihubungi melalui telepon.

Pihak kepolisian membatasi barang bawaan yang bisa dibawa oleh sepeda motor. Untuk dimensinya sendiri, lebarnya tidak boleh lebih lebar dari setang motor, sedang tinggi tidak boleh lebih dari pundak pengendara.

"Kalau lebih dari itu nanti handling saat berkendara akan berkurang," tutup Awe.

Jadi pastikan barang yang Anda bawa tidak menggangu saat berkendara.


(UDA)