Mumi Anjing Berusia 12.000 Tahun Ditemukan Utuh

   •    Jumat, 04 Sep 2015 14:14 WIB
peristiwa unik
Mumi Anjing Berusia 12.000 Tahun Ditemukan Utuh
Mumi anjing yang berusia 12.000 tahun (Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, Yakutia: Mumi seekor anjing berusia 12.000 tahun ditemukan utuh. Mumi anjing ini ditemukan membeku di Siberia.

Para ilmuwan menemukan anjing, yang mereka katakan dalam kondisi sempurna, dan dipercaya bahwa itu adalah saudara dari mumi anak anjing lain yang ditemukan di dekatnya empat tahun lalu.

Penemuan terbaru itu dilakukan oleh para arkeolog yang mencari bukti bahwa nenek moyang kita memelihara anjing beribu tahun yang lalu. Pemilik anjing dipercaya adalah pemburu mammoth berbulu.

Masih penuh lumpur, hewan itu ditemukan sekitar 6 kaki dari makam beku anak anjing digali empat tahun lalu. Arkeolog percaya anak-anak anjing mati secara tiba-tiba akibat longsor di tepi sungai Syalakh di Republik Sakha, yang juga dikenal sebagai Yakutia, Rusia.

Sergei Fedorov , dari Mammoth Museum di Yakutsk, mengatakan, "Kondisi temuan baru kami sangat sempurna".

"Ini seperti diawetkan dari hidung ke ekor, termasuk rambut. Anda bisa melihat rambut pada kakinya di gambar," ujar Fedorov, seperti dikutip Mirror, Jumat (4/9/2015).

Kedua anak anjing tersebut terkurung di tumpukan es yang menyebabkan mereka menjadi mummi. "Penemuan baru ini benar-benar keberuntungan," kata Fedorov.

"Kami tidak punya firasat akan mendapatkannya," lanjutnya.

Tujuan dari ekspedisi musim panas ini untuk menemukan bukti dari pemilik anjing pada masa pra sejarah mungkin adalah pemburu mammoth berbulu.

"Kami ingin mencari jejak aktivitas manusia di sana, untuk mencari bukti bahwa anak anjing pertama adalah anjing peliharaan orang-orang kuno," imbuh Fedorov.

Dan ekspedisi juga menemukan "alat yang terbuat dari tulang", yang mengindikasikan keberadaan manusia.

Arkeolog Alexander Kandyba juga menemukan "tulang binatang dengan jejak pembantaian menggunakan api."  
Para ilmuwan akan menghapus lumpur di laboratorium mereka di Yakutsk sebelum memeriksa binatang purba tersebut.

Tes DNA pada anak anjing pertama menunjukkan hasil yaitu anjing, bukan serigala dan berusia 12.400 tahun. Dr Mietje Germonpre, dari departemen paleontologi, Royal Belgian Institute of Natural Sciences, memeriksa sisa-sisa anak anjing pertama itu dan menemukan "keunikan" dan "menjadi mumi anjing tertua di dunia."

"Sungguh menakjubkan. Di museum lain di seluruh dunia Anda hanya akan menemukan sisa-sisa anjing dewasa, tapi ini adalah anak anjing," tutur Germonpre.

"Semua tanda-tanda eksternal dan hasil scan menunjukkan bahwa itu adalah anjing primitif dan pada saat itu adalah saat paling kuno yang ditemukan di Siberia Utara," lanjutnya.

Sisa-sisa anjing tertua ditemukan di gua Goya di Belgia dan berusia 36.500 tahun. Lalu ada banyak temuan tertua  sekitar 26.000 tahun yang lalu, tetapi mereka tidak begitu terawat. (Nabila Gita).


(FJR)