Wakil Presiden AS Monaco Heran MU Mau Habiskan Banyak Uang Demi Martial

Hilman Haris    •    Jumat, 04 Sep 2015 15:18 WIB
manchester united
Wakil Presiden AS Monaco Heran MU Mau Habiskan Banyak Uang Demi Martial
Martial bergabung ke MU usai ditransfer dari AS Monaco pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2015 (Foto: dok Manchester United)

Metrotvnews.com, Manchester: Uang sebesar 36 juta poundsterling atau setara dengan Rp778 miliar dikeluarkan Manchester United untuk membeli striker muda, Anthony Martial dari AS Monaco pada bursa transfer musim panas lalu. Jumlah yang dikeluarkan Red Devils bisa membengkak menjadi 57,6 juta poundsterling andai Martial bisa mencetak 25 gol dalam semusim pada 2015--2016.

Banyak pihak yang kaget MU mau menggelontorkan uang sebesar itu hanya untuk membeli striker muda. Tak terkecuali Wakil Presiden Monaco, Vadim Vasilyev. Menurut Vasilyev, uang sebanyak itu lazimnya digunakan klub untuk mendatangkan pemain bintang seperti Luis Suarez atau Neymar.

"Memang benar jumlah transfer Martial bisa meningkat hingga 57,6 juta poundsterling. Hal itu bisa terjadi berkat adanya klausul bonus di dalam kontrak. Saya awalnya tak mengira MU mau memberikan uang sebesar itu. Harga Martial sangat besar," ujar Vasilyev.

"Sebetulnya kami tidak berencana menjual Martial. Tapi MU terus meningkatkan tawaran. Pertama 21,6 juta poundsterling, lalu 29,8 juta poundsterling, dan terakhir berada di angka 36 juta poundsterling."

"Transfer ini sangat unik. Uang 36 juta poundsterling ditambah bonus sehingga total bisa mencapai 57,6 juta poundsterling merupakan harga Suarez atau Neymar. Itu adalah harga untuk pemain terbaik di dunia," heran Vasilyev.

Apa pun itu, Vasilsyev merasa Monaco tentu diuntungkan dengan transfer Martial. Uang 36 juta poundsterling bisa digunakan untuk mendatangkan sederet pemain yang tak kalah hebat dari Martial pada bursa transfer 2016. 

"Kami jadi memiliki dana untuk menyusun skuat. Semua itu karena MU memiliki banyak dana untuk membeli pemain. Klub-klub Liga Inggris punya kondisi finansial yang bagus pada saat ini. Sulit menghentikan klub seperti MU saat menginginkan pemain," ujar Vasilyev.

MU bukan satu-satunya klub yang berani menggelontorkan dana besar untuk menggaet pemain baru pada bursa transfer musim panas lalu. Tim sekota Red Devils, Manchester City bahkan lebih "gila" karena menghabiskan lebih dari 100 juta poundsterling hanya untuk mendapatkan dua pemain yakni Raheem Sterling dan Kevin De Bruyne. (Goal)


(HIL)