Presiden akan ke Lokasi Kebakaran Hutan

Mufti Sholih    •    Jumat, 04 Sep 2015 16:50 WIB
kebakaran hutan
Presiden akan ke Lokasi Kebakaran Hutan
Regu Pemadam Kebakaran Arara Abadi memadamkan api di kawasan di daerah Tasik Betung, Siak, Riau, Kamis 3 September 2015. Antara Foto/Rony Muharrman

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan, Presiden Joko Widodo berencana menengok lokasi kebakaran hutan di Riau. Ada ratusan titik api di sana.

"Pak Presiden sangat concern pada masalah kebakaran hutan dan beliau sebetulnya malah akan berangkat ke Riau," kata Syamsul di kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (4/9/2015).

(Klik: BNPB: Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Kian Serius)

Namun, kata Syamsul, belum jelas kapan Jokowi ke lokasi kebakaran. Namun, kemungkinan dalam waktu dekat. "Besok atau lusa, tapi tentu kami harus perhitungkan tentang visibility di sana," ujar dia.


Pengendara melintas ketika terjadi kabut asap akibat kebakaran hutan di Medan, Sumatera Utara, Kamis 3 September 2015. Antara Foto/Irsan Mulyadi

Dia menerangkan, ada ratusan titik api yang tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. "Di Pulau Sumatera ada 362 titik dan di Pulau Kalimantan ada 365 titik. Data dari Kementerian LHK akan dijelaskan lebih detail," jelas dia.

(Klik: Operasi Helikopter Pemadam Kebakaran Hutan Terkendala Izin)

Karena itu, BNPB, Kementerian LHK, TNI, dan Polri akan menggelar rapat koordinasi terkait kebakaran hutan. Rakor itu dibagi menjadi empat cluster guna pendalaman langkah yang akan diambil.

"Ada pemadaman yang dilakukan TNI, hukum yang dipimpin Kapolri, kesehatan yang dilakukan Kemenkes dan sosialisasi," kata dia menjelaskan cluster tersebut.


(TRK)