Kapolri Persilakan Komisi III Bentuk Pansus Pelindo

Mufti Sholih    •    Jumat, 04 Sep 2015 17:00 WIB
pelindobudi waseso
Kapolri Persilakan Komisi III Bentuk Pansus Pelindo
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti--Antara/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mempersilakan Komisi III membentuk panitia khusus soal penggantian Komjen Budi Waseso sebagai Kabareskrim. Badrodin tak bakal menghalangi niatan tersebut.

"Ya boleh saja, enggak apa-apa," kata Badrodin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (4/9/2015).

Wacana itu merebak setelah Buwas dicopot beberapa hari setelah menyelidiki kasus mobile crane di PT Pelindo II. Komisi III beranggapan, Buwas menjadi korban dari penyelidikan tersebut. Apalagi, banyak kasus yang dikhawatirkan mangkrak begitu Buwas diganti.

Badrodin menjamin, tak bakal ada kasus mangkrak di Bareskrim. Apalagi, selain mitra Polri, Komisi III juga leluasa memonitor kinerja Polri. "Kan bisa dimonitor tiap saat. Komisi III mitranya Polri. Bisa ditanya. Kalau enggak sampai ke pengadilan, bisa ditanyakan, bisa dicek," jelas dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan mengatakan akan membentuk panitia khusus kasus korupsi di PT Pelindo II. Pansus akan mengawal proses hukum terhadap pejabat PT Pelindo.

Rencana tersebut merupakan bagian dari kekecewaan Trimedaya atas pencopotan Komjen Budi Waseso sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. "Komisi III akan buat pansus Pelindo. Agar kasus yang ditangani oleh Waseso bisa jalan terus," kata Trimedya, Jumat (4/9/2015).

Anggota Komisi III lainnya, Abdul Kadir Kading, sepakat dengan pembentukan pansus Pelindo II. "Prinsipnya sepanjang pembentukan pansus dalam rangka memperbaiki bangsa, memberantas korupsi atau memperbaiki sistim dalam alur keluar masuk barang, kami sepakat," kata Karding.


(YDH)