Hina Wali Kota Lewat Nyanyian, Pangkat PNS Tegal Diturunkan

Bambang Mujiono    •    Jumat, 04 Sep 2015 18:16 WIB
pns
Hina Wali Kota Lewat Nyanyian, Pangkat PNS Tegal Diturunkan
Atik Apriyanti (kanan), PNS di pemerintah Kota Tegal. Foto: Metro TV/Bambang

Metrotvnews.com, Tegal: Atik Apriyanti, 45, pegawai negeri sipil di pemerintah Kota Tegal harus rela diturunkan pangkatnya karena menghina Wali Kota Tegal Siti Mashita Soeparno lewat nyanyian.

Atik diturunkan pangkatnya dari golongan IID menjadi IIC melalui keputusan Badan Kepegawaian Daerah Kota Tegal, Jumat, 4 September 2015. Penurunan pangkat Atik tertuang dalam Surat Keputusan Waliota Tegal bernomor 862.3/078.K. Penurunan pangkat Atik efektif pada 1 Oktober ini.

Sebelum keputusan itu keluar, Atik telah menjalani  pemeriksaan Inspektorat Pemkot Tegal dan BKD Tegal. Ia dinilai terbukti menghina Wali Kota Tegal lewat nyanyian saat berorasi di depan gerbang kantor wali kota beberapa waktu lalu.

Atik menjadi salah satu pendemo saat Korpri Kota Tegal mempertanyakan kebijakan wali kota. Aksi itu juga diunggah di Youtube. Dan Atik yang merupakan PNS di Kecamatan Tegal Selatan itu pun ikut menandatangani pernyataan sikap Korpri.

“Usai mendengar keputusan itu, Atik pingsan dan digotong ke ruang tamu BKD setempat,” kata Ading ,46, salah satu PNS di lingkungan Pemkot Tegal yang ada di lokasi.

Agus Rasmono, 41, PNS Kota Tegal mengatakan penurunan pangkat itu juga akan memangkas gaji Atik. "Golongan IID biasanya mendapatkan gaji Rp2,9 juta. Sudah pasti gajinya juga akan diturunkan," kata Agus.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Atik tidak mau menanggapi keputusan pemkot Tegal. Ia hanya menangis dan terus ditenangkan teman PNS lain.


(UWA)