Kuota PNS untuk Atlet Belum Sesuai Harapan

Alfa Mandalika    •    Jumat, 04 Sep 2015 18:19 WIB
olahragakemenpora
Kuota PNS untuk Atlet Belum Sesuai Harapan
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Djoko Pekic. (Foto: Ant/Puspa Perwita Sari)

Metrotvnews.com, Palembang: Tidak bisa dipungkiri, beberapa atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa menginginkan masa depan yang terjamin. Tidak jarang juga, beberapa dari mereka selepas menjadi atlet ingin diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Oleh karena itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus berupaya agar keinginan para atlet bisa terwujud. Akan tetapi, saat ini Kemenpora sudah mengonfirmasi kuota PNS untuk atlet belum sesuai harapan.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Djoko Pekik Irianto. Ia melihat dari kuota 300 atlet yang diberikan kesempatan menjadi PNS pada 2014.

"Sebenarnya ini sudah sangat baik, jumlah terus bertambah setiap tahun, tapi diakui belum sesuai harapan karena setidaknya jumlah atlet meningkat dua kali lipat setiap tahun," kata Djoko.

Djoko menambahkan, sebagian besar atlet dan pelatih mengharapkan dapat berkarier di lingkungan PNS, karena lebih memberikan kelonggaran untuk tetap berkarya serta masa depan lebih terjamin.

"Tak hanya itu, saat ini Kemenpora juga memberikan masukkan ke Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yakni menyertakan atlet dan pelatih dalam jabatan fungsional, sehingga mereka akan fokus dengan kebiasaan yang dimiliki," ujar dia.

"Jangan sampai masuk PNS dari jalur atlet, tapi nyatanya bekerja dalam jabatan struktural. Semisal, karena tidak memiliki banyak kepandaian maka ditempatkan di bagian yang remeh," urainya. (Ant)


(RIZ)