Bali Catat Pendapatan Rp2,09 Triliun di Kuartal II-2015

Antara    •    Jumat, 04 Sep 2015 18:41 WIB
ekonomi daerah
Bali Catat Pendapatan Rp2,09 Triliun di Kuartal II-2015
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Denpasar: Bank Indonesia (BI) mencatat realisasi pendapatan Pemerintah Provinsi Bali sampai dengan kuartal II-2015 mencapai Rp2,09 triliun atau sebanyak 45,48 persen dari total target pendapatan di tahun ini.

"Persentase realisasi terhadap target pada 2015 lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yang tercatat mencapai 56,89 persen," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Bali Dewi Setyowati, di Denpasar, Jumat (4/9/2015).

Ia menjelaskan, penurunan tersebut terutama disebabkan oleh terbatasnya realisasi di pos Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih di bawah 50 persen. Sementara realisasi komponen lainnya dalam anggaran pendapatan Pemerintah Bali relatif stabil dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

"Realisasi pos PAD di 2015 tercatat 41,29 persen, lebih rendah dibandingkan dengan 2014 sebesar 60,92 persen," jelasnya.

Berdasarkan komponen PAD, penurunan persentase realisasi terhadap target terjadi di semua komponen pembentuknya baik di pendapatan pajak daerah maupun retribusi daerah hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

Terbatasnya realisasi PAD tersebut terjadi seiring dengan perlambatan kinerja perekonomian Bali, yang terutama berdampak pada penurunan retribusi daerah, dan penurunan suku bunga simpanan (Giro) pemerintah di perbankan.



(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA