Waspadai Penyakit Hewan Jelang Kurban

Agus Josiandi    •    Jumat, 04 Sep 2015 19:08 WIB
idul adha
Waspadai Penyakit Hewan Jelang Kurban
Salah satu pasar hewan di Madura. Foto: MTVN/Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Pamekasan: Dinas Peternakan Kabupaten Pamekasan mengimbau masyarakat waspada saat memilih sapi atau kambing yang akan dijadikan hewan kurban.

Pasalnya, menjelang hari raya Idul Adha tahun ini banyak hewan ternak diperjualbelikan dan rentan terkena penyakit. Imbasnya, akan berbahaya ketika dikonsumsi.

"Hewan ternak yang dijual untuk dijadikan kurban harus diwaspadai kesehatannya. Kami akan pantau di pasar-pasar hewan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Peternakan Pamekasan, Bambang Prayogi, Jumat (4/9/2015).

Menurut Bambang, banyak penyakit menjangkiti hewan ternak belakangan ini. Satu di antaranya adalah penyakit cacing hati atau cacing fasciola. Pada penyakit ini, hewan mengalami serangan parasit cacing yang biasa hidup dalam hati sapi maupun kambing. Cacing fasciola hanya bisa diketahui setelah hewan disembelih.

"Makanya kita lakukan pemeriksaan di pasar tradisional untuk mengantisipasi munculnya gangguan kesehatan warga akibat mengonsumsi daging hewan kurban," tuturnya.

Akibat dari penyakit tersebut, siapa pun yang mengonsumsi daging dan hati yang terkontaminasi cacing hati, maka mereka berpotensi tertular penyakit cacing hati.

Dinas Peternakan Pamekasan juga meminta para penjual ternak tidak mencontangi (memberi banyak minum) hewan ternak agar terlihat lebih gemuk. "Jika kami temukan, pedagang itu akan kami jatuhi sanksi," katanya.


(UWA)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

11 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA