Lima Pilar Usulan SKK Migas untuk RUU Migas

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 04 Sep 2015 19:54 WIB
skk migas
Lima Pilar Usulan SKK Migas untuk RUU Migas
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Bogor: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengusulkan lima pilar untuk Rancangan Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi (RUU Migas).

Kepala Hubungan Masyarakat SKK Migas Elan Bintoro, menyebutkan kelima pilar itu terkait dengan sistem tata kelola, partisipasi daerah, pengaturan khusus, Pertamina sebagai prioritas perusahaan migas, dan petroleum fund.

Elan mengatakan, mengenai usulan pertama terkait sistem tata kelola memang perlu perbaikan sistem tata kelola (governance) industri migas di Indonesia.

"Dengan cara penguatan kelembagaan dan memperjelas peran masing-masing stakeholder," kata Elan, di Hotel Aston, Bogor, Jumat (4/9/2015).

Kedua, lanjut Elan, perlu meningkatkan penerimaan dan partisipasi daerah dalam kegiatan usaha hulu migas. Ketiga, perlu ada pengaturan kekhususan industri hulu migas untuk rezim fiskal, perizinan dan diberlakukan sebagai objek vital nasional.

"Keempat, memprioritaskan perusahaan migas milik negara, Pertamina, sebagai ujung tombak kegiatan eksplorasi dan eksploitasi di wilayah kerja baru atau melanjutkan pengusaha atas wilayah kerja yang sudah habis masa konsesinya," jelas dia.

Terakhir, tambahnya, harus ada peraturan terkait petroleum fund.


(AHL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA