Kualifikasi Piala Eropa 2016

Bungkam Polandia, Jerman Kudeta Puncak Klasemen Grup D

Rendy Renuki H    •    Sabtu, 05 Sep 2015 03:56 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
Bungkam Polandia, Jerman Kudeta Puncak Klasemen Grup D
Mario Gotze jadi aktor kemenangan Jerman atas Polandia (Foto: AP Photo/Martin Meissner)

Metrotvnews.com, Frankfurt: Jerman sukses membungkam tamunya Polandia pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2016, Sabtu 5 September dini hari. Tim Panser pun mampu mengkudeta Polandia di puncak klasemen Grup D.

Thomas Muller dan Mario Gotze mampu membawa Der Panser unggul 3-1 di Stadion Frankfurter Volksbank. Sedangkan Robert Lewandowski menyumbang satu-satunya gol Polandia di laga tersebut.

Jerman langsung menyerang di awal babak pertama tepatnya menit ke-7. Umpan manis Muller tepat mengarah ke kaki Karim Bellarabi yang langsung melepaskan tembakan. Sayang, bola memantul mengenai Lukasz Szukala sehingga berbelok dari sasaran.

Muller akhirnya membuka skor Jerman saat laga memasuki menit ke-12. Kerja sama apik lini depan Jerman diawali dari kaki Bellarabi yang melepaskan umpan terobosan ke Jonas Hector. Bola langsung diteruskan Hector ke Muller yang langsung disambar ke gawang Lukasz Fabianski.

Polandia sesekali balas menekan pertahanan Jerman lewat serangan balik cepat. Namun, upaya Lewandoski cs yang tampak bermain dengan penuh semangat masih belum ada yang menemui hasil.

Gawang mereka justru kembali bobol oleh tuan rumah. Kali ini Gotze mampu mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan mendatar Gotze dari dalam kotak penalti Polandia keras menghujam gawang Fabianski. 2-0 Jerman unggul atas Polandia di menit ke-19 ini.

Tak patah arang, Polandia terus berupaya mengancam gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer. Upaya mereka pun akhirnya berbuah hasil sekaligus mampu mengejar ketinggalan.

Lewandowski menjadi pemain Bayern Muenchen lainnya yang mencetak gol di laga ini. Arkadiusz Milik memenangkan perebutan bola dan langsung mengumpan ke kaki Kamil Grosicki. Sang mampu melepaskan crossing akurat yang langsung disambar tandukan keras Lewandowski. 2-1 Polandia memperkecil ketinggalan atas jerman.

Polandia kembali menekan di jelang menit akhir babak pertama kembali lewat Lewandowski. Situasi sepak pojok mampu dimanfaatkan Lewandowski, namun Gotze masih mampu mementahkan peluang tersebut. Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-1 bagi keunggulan Jerman.

Jerman langsung mengancam gawang Polandia memasuki awal babak kedua. Buruknya penampilan Pawel Olkowski mengawal lini belakang Polandia dimanfaatkan Bellarabi. Beruntung bola masih bisa dibuang jauh oleh Grzegorz Krychowiak dan menyelamatkan ancaman ke gawang Polandia.

Ilkay Gundogan yang masuk menggantikan Bellarabi langsung menjadi ancaman baru bagi Polandia. Tusukannya menit ke-56 hampir membahayakan gawang Fabianski. Sayang, bola masih bisa dimentahkan Kamil Glik.

Dua menit berselang, Gundogan kembali dengan serangan lainnya yang kali ini langsung memberikan umpan kepada Gotze. Bola sepakan Gotze sayangnya masih tipis melenceng dari sasaran.

Giliran Polandia balik menekan Jerman memasuki menit ke-60. Krzyizstof Maczynski melakukan penetrasi ke pertahanan Jerman dan langsung melepaskan tembakan. Bola mampu ditepis Neuer namun jatuh ke kaki Grosicki. Beruntung, Neuer sangat sigap mengamankan bola rebound tersebut.

Gotze akhirnya mampu memastikan kemenangan Jerman usai kembali mecetak gol. Gotze berhasil menyambar bola muntah hasil tembakan Muller menit ke-82. Skor 3-1 pun bertahan hingga wasit meniup peluit akhir.

Atas hasil ini, Jerman mampu menggeser Polandia di puncak klasemen Grup D. Tim Panser kini mengumpulkan 16 poin, unggul dua poin atas Polandia di posisi kedua.

Susunan pemain:

Jerman (4-2-3-1): Neuer, Can, Boateng, Hummels, Hector, Schweinsteiger, Kroos, Muller, Ozil, Bellarabi, Gotze.

Polandia (4-4-2): Fabianski, Piszczek, Glik, Szukala, Rybus, Maczynski, Jodlowiec, Krychowiak, Grosicki, Lewandowski, Milik.


(REN)