Outbond, Salah Satu Cara MPR Sosialisasikan Empat Pilar

Anggitondi Martaon    •    Sabtu, 05 Sep 2015 05:29 WIB
mpr ads
Outbond, Salah Satu Cara MPR Sosialisasikan Empat Pilar
Sosialisasi Empat Pilar di Ternate/Metrotvnews.com/Anggitondi

Metrotvnews.com, Ternate: MPR RI melakukan berbagai cara mensosialisasikan Empat Pilar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya melalui kegiatan outbond yang saat ini dilaksanakan ‎bersama perguruan tinggi di Maluku Utara.

Pimpinan Badan Sosialisasi MPR, Bachtiar Ali, menaruh harapan pada Outbond empat pilar MPR yang diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 7 September 2015, di mana pesertanya 100 mahasiswa yang berasal 11 perguruan tinggi di provinsi itu.

"Outbond merupakan salah satu metode sosialisasi," kata Bachtiar dalam pembukaan sosialisasi empat pilar di Ternate, Maluku Utara, Jumat (4/9/2015).

Indonesia sebagai bangsa majemuk, sangat dibuthkan kesadaran bersama menjaga 4 Pilar. "Keberagaman merupakan satu anugrah," ujarnya.‎

Lebih lanjut dikatakan, outbond merupakan sarana mengajak mahasiswa mengenal empat pilar dan selanjutnya diimplementasikan. "Empat Pilar mempunyai arti penting dalam perjalanan bangsa sehingga sosialisasi harus kita teruskan," ucapnya.

Bachtiar dalam pidato itu mengatakan Indonesia menjunjung kebebasan individu. Dalam era reformasi banyak kebebasan muncul namun kebebasan yang ada dirasa kurang tepat dalam penerjemahannya.

Menurut Guru Besar UI itu, kebebasan tak bisa semaunya apalagi memaksa. Kebebasan tanpa norma akan membahayakan masyarakat dan stabilitas negara.

Sebagai bangsa multietnik, dalam kebebasan harusnya ada rasa toleransi sehingga tak mengganggu hukum dan norma. "Kebebasan harus tunduk pada hukum dan ketertiban umum," jelasnya.


(OJE)