On This Day!

1931: Kiper Glasgow Celtic Meregang Nyawa di Tengah Lapangan

Rendy Renuki H    •    Sabtu, 05 Sep 2015 08:24 WIB
liga duniapada hari ini
1931: Kiper Glasgow Celtic Meregang Nyawa di Tengah Lapangan
(Foto: istimewa/thefootballmind)

Metrotvnews.com, Glasgow: Hari ini, 5 September 84 tahun lalu atau tepatnya pada 1931, kiper Glasgow Celtic John Thompson meregang nyawa di tengah lapangan pada laga derby bertajuk "The Old Firm" kontra Glasgow Rangers.

Thompson meninggal usai berbenturan dengan striker Rangers kala itu, Sam English di Stadion Ibrox, markas Rangers. Entah disengaja atau tidak, kepala Thompson beradu dengan lutut Sam cukup keras.

Benturan tersebut menyebabkan tulang tengkoraknya retak dan arteri pembuluh darahnya pecah. Thompson langsung dilarikan ke rumah sakit meninggalkan salah satu laga derby terpanas di muka bumi tersebut.

Nahasnya, nyawa Thompson tak tertolong dan ia meninggal di usia yang masih sangat belia, yakni 22 tahun. Pria dengan tinggi 5 kaki 9 inci (179,8 cm) telah menjadi kiper utama tim sejak berumur 17 tahun.

Sekitar 30 ribu orang datang menghadiri pemakaman Thompson di Cardenden, Skotlandia pada 9 September 1931. Banyak dari pelayat tersebut dilaporkan berjalan kaki sejauh 55 mil untuk menghadiri pemakanan dirinya.

Thompson memang dikenal dengan permainan nekatnya di lapangan. Gaya bermainnya tersebut pun sempat membuatnya cedera parah setahun sebelum dirinya meninggal atau pada 1930. 

Thompson menderita rahang patah, beberapa tulang rusuk retak, dan dua giginya hilang. Pada tahun yang sama itu pun, untuk pertama kalinya kiper muda ini dipanggil masuk skuat timnas Skotlandia. (tdifh)

Berikut cuplikan video tewasnya John Thompson:

 


(REN)