Tim Care Taker INSA Mulai Beroperasi

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 05 Sep 2015 10:54 WIB
pelayaran
Tim <i>Care Taker</i> INSA Mulai Beroperasi
Ilustrasi -- FOTO: ANTARA/ERIC IRENG

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Care Taker Indonesian National Shipowners Association) mulai bekerja untuk melanjutkan jalan fungsinya setelah terbentuk sejak 2 September 2015.

Selain itu, Tim Care Taker INSA juga bertanggung jawab organisasi  sesuai dengan amanat Rapat Umum Anggota (RUA) INSA ke-16 tahun 2015. Tim Care Taker pun sudah bekerja untuk menjalankan pelayanan kepada anggota dan stakeholders INSA, baik menyangkut urusan kesekretariatan maupun keanggotaan.

"Care Taker INSA sudah menggelar meeting pertama dan mengambil beberapa keputusan  yang  berkaitan dengan masalah kesekretariatan supaya pelayanan organisasi, baik kepada anggota maupun stakeholders lainnya mulai berjalan dengan normal," kata Ketua Care Taker INSA Lolok Sudjatmiko, dalam siaran persnya, di Jakarta, Sabtu (5/9/2015).

Dia menjelaskan mulai saat ini, hal-hal yang berkaitan dengan masalah pembayaran, kesekretariatan maupun staf INSA, sudah dapat berjalan dengan baik, kecuali pembayaran-pembayaran kepada pihak ketiga yang masih ditunda.

Untuk meningkatkan dan mempercepat pelayanan keanggotaan maupun Dewan Pengurus Cabang (DPC INSA), Care Taker INSA segera menormalisasi system IT INSA yang masih mengalami gangguan.

Sekretaris Care Taker INSA, Teddy Yusaldi mengatakan hari ini, sejumlah anggota INSA sudah mengajukan permohonan pengajuan Izin Penggunaan Kapal Asing (IPKA) yang sejak RUA sempat tertunda sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Kami sudah mulai proses sebagaimana mestinya sesuai dengan kewenangan yang diberikan kepada INSA berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Pekan depan, rekomendasi akan kami sampaikan," ujar Teddy.

INSA adalah asosiasi perusahaan pelayaran yang diakui keberadaannya oleh Pemerintah berdasarkan SK Menteri Maritim No. DP 10/7/9 tanggal 6 September 1967 yang dikukuhkan dengan SK Menteri Perhubungan No. KP.8/AL.308/Phb-89 tanggal 28 Oktober 1989.

INSA mempunyai visi sebagai infrastruktur pembangunan, perekonomian, alat pemersatu kesatuan dan persatuan bangsa dan negara. Anggota INSA adalah perusahaan pelayaran yang terdaftar sebagai anggota dengan jumlah mencapai lebih dari 1.600 perusahaan.


(AHL)