Review HSF

Noctua NH-D9L, Lengkap dan Adem

Mohammad Mamduh    •    Sabtu, 05 Sep 2015 11:05 WIB
review peripheral
Noctua NH-D9L, Lengkap dan Adem
Noctua NH-D9L

Metrotvnews.com, Jakarta: Noctua adalah salah satu produsen perangkat spesialis untuk solusi pendinginan prosesor PC. Perusahaan asal Austria ini sudah tidak diragukan lagi dalam hal jam terbang. Salah satu solusi pendingin dari mereka yang datang ke meja pengujian kami adalah Noctua NH-D9L. Walaupun bukan water cooling, produk ini juga sanggup mendinginkan prosesor Anda ssat beroperasi secara maksimal.

Noctua NH-D9L adalah pendingin prosesor yang menggunakan dua heatsink. Heatsink ini dibuat terpisah dan memiliki celah di tengahnya untuk pemasangan kipas. Kedua heatsink tersebut terhubung dengan empat buat heatpipe yang membagi pendinginan melalui delapan jalur yang ada.



Anda mungkin berpikir bahwa celah yang ada diantara heatsink memungkinkan pemasangan tiga kipas sekaligus. Sayangnya, hal tersebut tidak dapat dilakukan karena pengait kipas memiliki ukuran yang cukup memakan ruang pemasangan. Anda masih bisa memasang tiga unit kipas sekaligus seandainya menggunakan pengait yang telah dimodifikasi.

Untuk teknik pendinginan, Noctua NH-D9L tidak menggunakan teknologi HDT (Heatpipe Thermal Direct), yang berarti jalur heatpipe tidak menempel langsung dengan prosesor, melainkan ditutup dengan material metal sebagai penghubung. Sistem pendinginan ini masih dirasa cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan, sekalipun prosesor beroperasi secara penuh, dan berada di dalam ruangan tanpa AC.



Hal tersebut kami buktikan ketika menjalankan berbagai aplikasi, mulai dari aplikasi benchmark seperti SuperPi, PC Mark, dan Cinebench. Ketika bermain game pun, Noctua NH-D9L masih bisa memberikan pendinginan yang mencukup.

Suhu minimum yang dihasilkan prosesor Intel Core i7-4790K adalah 37 derajat, sementara suhu maksimumnya bisa mencapai 89 derajat saat menjalankan aplikasi Cinebench. Suhu yang dihasilkan saat bermain game pun cenderung stabil, seperti ketika bermain Counter Strike: Global Offensive dengan suhu rata-rata tidak lebih dari 42 derajat.

Untuk paket penjualannya, Noctua NH-D9L terbilang sangat lengkap. Hal ini sudah bisa dilihat dari ukuran kotaknya yang cukup besar. HSF ini sudah dilengkapi dengan banyak bracket untuk dipasangkan ke semua jenis socket prosesor yang tersedia di pasaran, baik AMD maupun Intel. Bahkan HSF ini sudah mendukung socket prosesor Intel Skylake LGA 1151.

Selain itu, juga tersedia pasta prosesor, obeng khusus, dan stiker mahal berlogo Noctua. Penyangga kipas tambahan juga tersedia untuk pemasangan lebih dari satu unit kipas.



Noctua NH-D9L bisa menjadi salah satu solusi pendingin prosesor, terutama jika Anda seorang konsumen yang menyukai merek produk yang anti-mainstream. Para penggemar perakit PC pasti mengenal merek Noctua, tetapi tidak dengan mereka yang sudah lama memakai pendingin bawaan prosesor. Kualitas material yang ditawarkan juga mumpuni, bahkan dijamin oleh Noctua dengan garansi hingga 6 tahun.
 


(ABE)