Emil: Daripada Kereta Cepat Mending Monorel

Jaenal Mutakin    •    Sabtu, 05 Sep 2015 18:10 WIB
kereta cepat
Emil: Daripada Kereta Cepat Mending Monorel
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (tengah). Foto: MTVN/Jaenal

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan tidak ada masalah dengan keputusan Presiden Joko Widodo membatalkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Keputusan ada di pusat, mau apalagi. Kereta cepat tak bisa dibiayai APBN," ujar Emil panggilan Ridwan Kamil, di Jalan Bima, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (05/09/2015).

Menurut Emil, kereta cepat itu proyek pemerintah pusat jadi keputusan sepenuhnya dari pusat. Kalau Pemkot Bandung hanya sebagai penerima manfaat.

"Pengadaan kereta cepat membutuhkan dana Rp70 triliun. Kalau Pemkot Bandung tidak mungkin menanggung untuk biaya itu. Kalau ada juga mending buat monorel," jelas Emil.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan Presiden Joko Widodo membatalkan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Alasannya, jarak kedua kota yang mencapai 150 kilometer tak memungkinkan untuk ditempuh dengan kereta cepat.

Menurut Darmin, kecepatan kereta cepat mencapai 300 kilometer per jam. Untuk jarak 150 kilometer, akan ada lima hingga delapan stasiun, sehingga jarak tiap stasiun mencapai 30 kilometer atau dengan waktu tempuh hanya delapan menit. Kereta cepat butuh waktu akselerasi untuk mencapai kecepatan 300 kilometer per jam.


(UWA)