Akademisi: Jakarta Perlu Dikomandoi Orang Setingkat Menteri

Intan fauzi    •    Sabtu, 05 Sep 2015 20:26 WIB
Akademisi: Jakarta Perlu Dikomandoi Orang Setingkat Menteri
Ilustrasi---Foto: MTVN/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Akdemisi Institut Pertanian Bogor (IPB), Saleh Khalid, mengatakan melakukan pembangunan di Jakarta bukanlah merupakan perkara yang mudah. Perlu adanya kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan pemerintah kota penyangga atau sekitaran Jakarta. 

"Dimana-mana kota metropolitan namanya pusat pemerintahan itu memang landed house sudah tidak layak karena harga tanah mahal pajak mahal. Oleh karena itu tidak mungkin dibenahi tidak ada koordinasi dengan Jakarta sekitarnya," kata Saleh dalam diskusi dengan Lawan Ahok di Markas Pergerakan, Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (5/9/2015).

Bahkan, kata dia, butuh komando setingkat menteri untuk dapat melakukan pembangunan di Jakarta. Supaya lebih mudah dalam menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat.

"Jakarta perlu dipikirkan dikomandoi orang setingkat menteri agar koordinasi dengan pemerintah pusat," imbuh dia.

Melihat keadaan sekarang, lanjut Saleh, Jakarta seperti memiliki pemerintahan sendiri dan tak tersentuh oleh pemerintah pusat. "Sekarang seolah-olah jadi raja dan tidak tersentuh pemerintah pusat," pungkas mantan Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Indonesia (PBHMI).
(AZF)