Sengketa Tuntas, KPU Surabaya Kembali Buka Pendaftaran Calon Pilkada

Amaluddin    •    Minggu, 06 Sep 2015 03:07 WIB
Sengketa Tuntas, KPU Surabaya Kembali Buka Pendaftaran Calon Pilkada
Pertemuan antara KPU Surabaya, Panwaslu dan PD-PAN--MTVN/Amalludin

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) kembali membuka pendaftaran tahap tiga bagi peserta Pilkada Surabaya 2015. Pendaftaran akan mulai dibuka pada, 8-10 September 2015. Sebelumnya, KPU Surabaya akan melakukan sosialisasi pendaftaran pada 5-7 September.

"Jadi, pendaftaran yang sebelumnya dibuka pada 6-8 September itu dibuat untuk sosialisasi. Sementara pendaftaran akan dibuka lagi pada 8-10 September," kata Ketua KPU Surabaya, Robiyan Arifin, usai mengikuti rapat koordinasi terkait sengketa Pilkada Surabaya bersama Panwaslu Surabaya, Bawaslu Jatim dan kedua parpol (PAN-PD, red) di kantor Bawaslu Jatim, Sabtu (5/9/2015).

Robiyan minta kepada pasangan calon (Paslon) segera menyiapkan berkas persyaratan, jika ingin mendaftarkan diri sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota dalam Pilkada Surabaya 2015.

KPU Surabaya juga menyatakan bahwa persoalan sengketa yang diajukan PAN bersama Demkorat sudah selesai. Dalam rapat yang digelar bersama Bawaslu Jatim, Panwaslu Surabaya dan PAN-Demokrat. KPU Surabaya bersedia menerima tiga permohonan dari dua parpol yang sebelumnya gagal mencalonkan Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid itu.

Tiga poin tersebut yakni, pertama, KPU bisa menerima permohonan untuk membuka kembali pendaftaran, karena hal itu yang akan dilakukan KPU namun terganjal sengketa pencalonan.

Kedua, KPU menyatakan bahwa sesuai perundang-undangan Rasiyo memang bisa mendaftar kembali pada pembukaan pendaftaran kembali.

Ketiga, KPU menjawab permohonan pemohon akan membuka kembali pendaftaran pasangan calon.
(AZF)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA