Diperkuat Sederet Striker Top, Brasil Hanya Menang Tipis atas Kosta Rika

Hilman Haris    •    Minggu, 06 Sep 2015 04:44 WIB
liga dunia
Diperkuat Sederet Striker Top, Brasil Hanya Menang Tipis atas Kosta Rika
Para pemain Brasil turut merayakan gol yang dicetak Hulk ke gawang Kosta Rika (DON EMMERT / AFP)

Metrotvnews.com, New Jersey: Brasil hanya memetik menang tipis dengan skor 1-0 saat melakoni laga uji coba kontra Kosta Rika di Red Bull Arena, New Jersey, Amerika Serikat, Minggu 6 September. Gol semata wayang Brasil pada laga ini dicetak oleh Hulk saat laga memasuki menit ke-10.

Ketidakmampuan Brasil memanfaatkan sejumlah peluang menjadi salah satu alasan laga ini minim gol. Bayangkan, Brasil menciptakan 43 serangan berbahaya sepanjang 90 menit. Bahkan, Hulk dkk menciptakan 18 tembakan dengan sembilan di antaranya tepat sasaran. Namun hanya satu yang bisa menggetarkan jalan gawang Kosta Rika.

Fakta itu terasa aneh karena Selecao diperkuat sejumlah striker berlabel bintang pada pertandingan ini. Pada babak pertama, pelatih Brasil, Dunga memainkan Hulk, Douglas Costa, dan Willian di lini serang. Sedangkan pada babak kedua, Brasil diperkuat Kaka, Philippe Coutinho, Lucas Moura, dan Neymar.

Meski diperkuat sederet nama-nama beken itu, Selecao nyatanya tetap tak bisa tampil kompak guna mencetak gol kedua ke gawang lawan. Satu-satunya yang bisa dilakukan Kaka dkk hanya mengurung pertahanan Kosta Rika sepanjang babak kedua. 

Kosta Rika memang tak bisa mengimbangi performa Brasil pada laga ini. Walau menciptakan 32 serangan berbahaya, Bryan Ruiz dkk tak pernah diberi kesempatan untuk melepaskan tembakan ke arah gawang Brasil. Usaha Kosta Rika mencetak gol makin sulit karena hanya diberi satu kesempatan melakukan sepak pojok.
 
Pelatih Kosta Rika, Paulo Wanchope terlihat berusaha memperbaiki daya gedor tim ketika memasukkan Joel Campbell dan Daniel Colindres pada pertengahan babak kedua. Tapi usaha itu sia-sia karena pertahanan Brasil terlalu rapat.

Beruntung bagi Kosta Rika, Brasil juga berkali-kali membuang peluang mencetak gol. Skor 1-0 untuk kemenangan Selecao akhirnya tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai.


(HIL)