Kepolisian Uni Eropa Buru 30 Ribu Penyelundup Manusia

Willy Haryono    •    Minggu, 06 Sep 2015 11:49 WIB
imigran gelap
Kepolisian Uni Eropa Buru 30 Ribu Penyelundup Manusia
Foto dari Angkatan Laut Italia, Sabtu (5/9/2015), memperlihatkan sebuah kapal berisi ratusan imigran gelap terdampar di Laut Mediterania. (Foto: AFP / Sebastien Chenal / MARINE NATIONALE)

Metrotvnews.com, Den Haag: Saat dunia masih bersedih atas foto bocah Suriah yang terdampar di pantai Turki, kepolisian Uni Eropa atau Europol menyebutkan prioritas utama mereka adalah memburu sekitar 30 ribu penyelundup manusia. 

Puluhan ribu penyelundup itu memanfaatkan jutaan orang putus asa yang ingin melarikan diri dari zona konflik, seperti dari Suriah, Afghanistan, Eritrea dan Somalia, menuju Eropa. 

"Ini adalah prioritas utama tentu saja, bukan hanya di Europol, tapi juga untuk semua negara anggota," tutur Robert Crepinko, kepala unit kejahatan terorganisasi Europol kepada AFP, Sabtu (5/9/2015). 

"Jika Anda berbicara mengenai jangkauan aktivitas keimigrasian ilegal di seluruh Eropa, bukan hanya di Mediterania, jumlahnya mencapai 30 ribu tersangka," sambung dia. 

Dewan Keamanan PBB mendiskusikan kerangka resolusi untuk menangani krisis gelombang imigran yang berusaha menyeberangi Laut Mediterania menuju Eropa. 

Lebih dari 350 ribu orang mempertaruhkan nyawa menyeberangi Laut Mediterania tahun ini. Jumlah ini melompat jauh dari total tahun lalu yang hanya 219 ribu.  

Sebagian besar imigran itu berasal dari daerah konflik Timur Tengah.


(WIL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA