Kapal Penangkap Ikan Tenggelam di Korsel, Delapan Tewas

Willy Haryono    •    Minggu, 06 Sep 2015 12:03 WIB
kecelakaan kapal
Kapal Penangkap Ikan Tenggelam di Korsel, Delapan Tewas
Sebuah kapal penangkap ikan di Korsel. (Foto: AFP / Insung Corporation)

Metrotvnews.com, Chuja: Sedikitnya delapan orang tewas saat kapal penangkap ikan yang mereka tumpangi tenggelam di perairan Korea Selatan. 

Kapal Dolphine seberat 9,77 ton dinyatakan hilang di dekat pulau Chuja pada Sabtu malam kemarin. Puing kapalnya ditemukan satu hari kemudian di area tersebut, Minggu (6/9/2015). 

Tiga orang diselamatkan dan delapan jenazah ditemukan. Belum diketahui pasti total orang di kapal tersebut. 

Catatan transportasi menunjukkan adanya 22 orang di Dolphine, namun penjaga pantai Korsel menduga ada empat orang yang tidak jadi menaikinya.

Salah satu korban selamat menceritakan peristiwa nahas itu, yang disebutkan terjadi dalam waktu singkat. 

"Saya sedang tertidur saat mesin kapal mati. Kapal meminta kami keluar dan ketika itu air sudah memenuhi kapal," ucap korban bernama Park kepada kantor berita Yonhap

Park mengaku dia dan dua korban selamat lainnya bertahan di bagian kapal yang mengapung selama lebih kurang 10 jam. 

Standar keamanan penumpang kapal di Korsel dikritik setelah terjadinya tragedi Sewol yang menewaskan lebih dari 300 orang pada 2014. 

Otoritas Korsel berjanji memperketat standar keamanan publik dan akan menjatuhkan hukuman berat bagi penyedia jasa yang terbukti melanggar. Namun sejumlah kritik menyebut belum ada perubahan berarti dalam sektor transportasi laut di Korsel sejak tragedi Sewol. 



(WIL)