Kesenian Penting dalam Sosialiasi 4 Pilar

Taufik Rahman    •    Minggu, 06 Sep 2015 12:34 WIB
Kesenian Penting dalam Sosialiasi 4 Pilar

Metrotvnews.com, Lampung: Nilai dalam Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sangat perlu untuk dipahami lalu diamalkan seluruh lapisan rakyat Indonesia. Selain dengan seminar, diskusi dan pelatihan, seni budaya juga metode yang ampuh untuk sosialisasinya. 

Seperti dilakukan di Lampung, sosialisasi empat pilar dilakukan melalui seni budaya warahan. Ini adalah pagelaran teater sekaligus tari dan sastra yang berisi pantun nasehat diselipi candaan.

"Kesenian sangat strategis peranannya. Seni memiliki bahasa komunikasi yang sangat dimengerti sehingga diharapkan pesan-pesan soal empat pilar bisa mudah sampai ke masyarakat," ujar Ketua Badan Kajian MPR RI Bambang Sadono dalam pagelaran Seni Budaya Warahan di Taman Budaya Lampung, Sabtu (5/9/2015) malam.  

MPR memandang sangat perlu soal pemahaman nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika ke seluruh elemen bangsa. Karenanya MPR tidak bosan-bosannya melakukan sosialisasi di segala elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga komitmen kebangsaan itu.

"Ke depan kami berharap para seniman untuk lebih berkiprah serius dalam menjaga komitmen kebangsaan kita," katanya.

Pagelaran Warahan ini sendiri digelar tepat pukul 20.00 WIB dengan lakon "Siapa Yang Menabur Dia Yang Menuai. Berkisah tentang seorang petani bernama Mandok berkat kerajinan menjadi sukses. Kesuksesan ini membuat iri tetangganya dengan menyebarkan fitnah. Kisah berakhir dengan terkuaknya siapa dalang fitnah.

Acara ini juga dihadiri Pimpinan Fraksi PDIP MPR Yoseph Umar Hadi, Pimpinan Fraksi Nasdem MPR Tamanuri, Pimpinan Fraksi Hanura MPR Djoni Rolindrawan, Pimpinan Fraksi Gerindra MPR  Dwita Ria Gunadi, Pimpinan Fraksi PKS MPR Abdul Hakim, Pimpinan Fraksi Demokrat MPR Zulkifli Anwar dan Pimpinan Fraksi PAN MPR Ali Taher serta pejabat teras Pemprov Lampung dan sekitar 300 penonton dari berbagai kalangan masyarakat.

 
(LHE)