Orangutan Tersesat di Langkat Dievakuasi ke Gunung Leuser

Endang Junaidi    •    Minggu, 06 Sep 2015 12:49 WIB
satwa
Orangutan Tersesat di Langkat Dievakuasi ke Gunung Leuser
Petugas OIC evakuasi orangutan yang tersesat ke pemukiman warga di Langkat, Ant - Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Langkat: Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengevakuasi seekor orangutan yang tersesat di perkebunan warga di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Petugas kemudian melepaskan primata itu ke hutan Taman Nasional Gunung Leuser, Minggu 6 September.

Evakuasi bermula saat warga melapor melihat seekor orangutan di perkebunan sawit dalam beberapa hari terakhir. Petugas BKSDA dan Lembaga Swadaya Masyarakat Orangutan Information Center (OIC) pun mendatangi lokasi.

Setelah berkoordinasi, petugas menyiapkan sejumlah perlengkapan evakuasi. Petugas menembakkan peluru bius ke arah orangutan. Lalu petugas menggunakan jaring untuk menangkap hewan tersebut.

Petugas kesehatan hewan memeriksa kondisi orangutan tersebut. Setelah dinyatakan sehat dan stabil, orangutan dibawa ke taman nasional.

"Banyak orangutan masuk ke perkebunan warga sebab habitat mereka di hutan berkurang. Jadi orangutan terpaksa mencari makan ke pemukiman dan perkebunan warga," kata Krisna, relawan OIC.

Pada Agustus lalu, BKSDA dan OIC mengevakuasi dua ekor orangutan yang masuk ke perkebunan warga. Sementara dua ekor lain masih berada di perkebunan dan menunggu evakuasi.
 


(RRN)