Pakde Karwo Berharap Kredit UMKM Dioperasikan Mulai 2016

Amaluddin    •    Minggu, 06 Sep 2015 14:38 WIB
umkm
Pakde Karwo Berharap Kredit UMKM Dioperasikan Mulai 2016
Gubernur Jatim Soekarwo, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan mengoperasikan pinjaman kredit untuk memperkuat usaha kecil dan menengah (UKM). Pengoperasian itu bertujuan memperkuat kesejahteraan masyarakat setelah nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS.
 
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengatakan tengah membuat konsep pinjaman. Anggarannya didapat dari sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) dan sebagian APBD.
 
Pakde Karwo, demikian ia biasa disapa, mengatakan Bank Jatim berperan sebagai bank sentral. Tugasnya mengurusi anggaran dan menyalurkan dana tersebut ke pemilik UMKM.
 
"Nanti pengucurannya tidak lagi lewat SKPD, tapi langsung lewat rekening," kata Pakde Karwo ditemui di ruang kerjanya di Jalan Pahlawan, Surabaya, Jatim, Minggu (6/9/2015).
 
Pakde Karwo berharap sistem perbankannya sudah dapat dioperasikan mulai 2016. Bila sudah berjalan, pemprov akan menghapus dana hibah dan batuan sosial.
 
Pakde Karwo mengaku telah membicarakan rencana program itu ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Gubernur juga mengusahakan agar kredit itu memiliki suku bunga murah untuk menyokong UMKM.
 
"Kita harus suport industri kecil agar bisa kompetisi di pasar. Apalagi jelang MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) 2015," katanya. 
 
 
 
 



(RRN)