Aktivis Austria dan Jerman Jemput Pengungsi Timur Tengah di Perbatasan Hungaria

Intan fauzi    •    Senin, 07 Sep 2015 02:52 WIB
imigran gelap
Aktivis Austria dan Jerman Jemput Pengungsi Timur Tengah di Perbatasan Hungaria
Seorang pengungsi menangis saat menginjakkan kaki di kota Dortmund, Jerman bagian barat, 6 September 2015. Foto: AFP/ Maja Hitij.

Metrotvnews.com, Austria: Rombongan mobil yang dikomandoi aktivis dari Jerman dan Austria yang tergabung dalam gerakan #refugeeconvoy telah menuju Hungaria untuk menjemput pengungsi timur tengah dan membantu mereka menjangkau wilayah Eropa Barat. Hal tersebut dilakukan sebab Hungaria telah melarang pengungsi untuk melintas sejak Jumat (4/9).

Bus dan kereta khusus pun telah disiapkan untuk membawa pengungsi dari perbatasan Hungaria menuju Vienna dan Jerman. Kemudian pada hari Minggu (6/9/2015) sebanyak 140 mobil telah kembali menuju Vienna.

Salah seorang aktivis Austria yang turut andil, Angelika Neuwirth, mengatakan jika tujuan mereka ialah membawa para pengungsi kembali ke penampungan di Austria. 

"Saya pikir ini adalah tugas saya. Saya seorang ibu, wanita dari Austria, dan saya tidak bisa terus-terusan menutup mata. Kita semua manusia dan tidak ada yang ilegal," ucapnya pada BBC.

Namun, apa yang dilakukan aktivis tersebut dianggap melanggar hukum oleh kepolisian Hungaria. Seperti minggu lalu, empat aktivis Austria yang mencoba melakukan hal serupa dipenjara karena dianggap menyelundupkan, tapi kemudian dibebaskan.

"Siapapun yang membawa pengungsi melewati batas negara, itu melanggar hukum," tegas seorang juru bicara wanita kepolisian Hungaria, Viktoria Csizer-Kovacs.

Meski demikian, harapan masih tetap ada. Beberapa aktivis sebelumnya telah berhasil mengumpulkan pengungsi di Hungaria tanpa dihentikan oleh kepolisian setempat.


(DRI)

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

24 minutes Ago

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad melalui sambungan telepon mengatakan be…

BERITA LAINNYA