Tiongkok Turunkan Revisi Pertumbuhan Ekonomi Jadi 7,3%

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 07 Sep 2015 10:21 WIB
ekonomi china
Tiongkok Turunkan Revisi Pertumbuhan Ekonomi Jadi 7,3%
Tiongkok revisi pertumbuhan ekonominya. (FOTO: Reuters/Bobby Yip)

Metrotvnews.com, Beijing: Biro Statistik Nasional melaporkan Tiongkok merevisi tingkat pertumbuhan tahunan ekonomi menjadi 7,3 persen dari angka yang dirilis sebelumnya 7,4 persen.

Reuters melansir, Senin (7/9/2015), produk domestik bruto mencapai 63,6 triliun yuan (USD10,00 triliun) tahun lalu, turun 32,4 triliun yuan dari estimasi awal, tukas biro statistik nasional tersebut dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Selain itu, Biro Statistik Nasional Tiongkok itu telah merevisi turun pertumbuhan ekonominya, seperti pertumbuhan sektor jasa turun 0,3 poin menjadi 7,8 persen. Sementara itu, sektor primer yakni sektor pertanian, tumbuh 4,1 persen. Sedangkan pertumbuhan sektor sekunder, yang meliputi manufaktur dan konstruksi, naik 7,3 persen.

Setelah revisi, sektor jasa menyumbang 48,1 persen dari PDB tahun lalu, turun dari sebelumnya yang diumumkan sebesar 48,2 persen. Sementara sektor manufaktur dan konstruksi sektor menyumbang 42,7 persen dari PDB, sementara sektor pertanian menyumbang 9,2 persen.

Selain itu, ekonomi terbesar kedua dunia itu tumbuh tujuh persen pada semester pertama dari tahun sebelumnya, sejalan dengan target pemerintah untuk 2015, namun data suram baru-baru ini telah meningkatkan risiko pemerintah bisa kehilangan target pertumbuhan setahun penuh.


(AHL)