Force Touch pada iPhone 6S Kenali Tiga Tipe Sentuhan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 07 Sep 2015 13:59 WIB
iphone 6
Force Touch pada iPhone 6S Kenali Tiga Tipe Sentuhan
iPhone 6S dikabarkan akan dilengkapi dengan fitur Force Touch. AP Photo/Rogelio V. Solis

Metrotvnews.com: Kabar mengenai rencana Apple untuk menambahkan fitur Force Touch ke iPhone 6S telah beredar sejak lama. Di ajang IFA 2015, Huawei memperkenalkan Huawei Mate S, yang memiliki fitur yang sama. Meskipun Huawei telah lebih dulu meluncurkan ponsel dengan fitur Force Touch, tetapi tampaknya Apple akan membuat fitur Force Touch yang sedikit berbeda dari Force Touch yang ada pada Mate S.

Mark Gurman dari 9to5Mac menyebutkan, iPhone 6S akan dapat membedakan tiga jenis tekanan berdasarkan besarnya tekanan yang pengguna gunakan saat mereka menyentuh layar iPhone 6S. Karena itulah, Apple menamai fitur Force Touch pada iPhone 6S sebagai 3D Touch Display.

Seperti yang disebutkan The Verge, saat ini, sangat jarang ada smartphone yang menggunakan layar yang dapat membedakan antara sentuhan ringan atau sentuhan dengan tekanan. Karena itu, setelah meluncurkan iPhone 6S, Apple tampaknya harus memberikan edukasi kepada para pengguna kapan mereka harus menggunakan Force Touch di ponsel mereka.

Masalah mengenai kapan Force Touch harus digunakan telah muncul saat Apple memperkenalkan fitur ini di OS X. Karena itu, kemungkinan masalah yang sama juga akan muncul pada iPhone 6S.

Selain pada iPhone 6S, Gurman melaporkan bahwa iPad Pro juga akan dilengkapi dengan fitur 3D Touch Display. Saat ini, masih belum diketahui apakah yang dikatakan Gurman adalah benar. Anda dapat tahu secara pasti apakah rumor ini sekadar rumor belaka atau memang benar pada acara yang akan Apple adakan pada tanggal 9 September mendatang.


(ABE)