Toyota Investasikan USD50 Juta untuk Kecerdasan Buatan Pada Mobil

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 07 Sep 2015 10:36 WIB
toyota
Toyota Investasikan USD50 Juta untuk Kecerdasan Buatan Pada Mobil
Toyota menginvestasikan USD50 juta untuk penelitian kecerdasaan buatan pada mobil.

Metrotvnews.com: Toyota mengumumkan berinvestasi USD50 juta serta bekerja sama dengan Stanford dan MIT untuk melanjutkan penelitian kecerdasan buatan yang terkait dengan kendaraan roda empat tanpa awak. Toyota juga mengumumkan Dr. Gill Pratt, pemimpin Robotics Challenge pada Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), untuk memimpin proyek ini.

Jumlah investasi USD50 juta bukanlah angka besar dan signifikan di dunia R&D otomotif, namun penunjukan Dr. Pratt sebagai pimpinan proyek mengindikasikan keseriusan Toyota dalam menjalankan proyek ini. Dr. Pratt berpendapat bahwa penelitian ini menargetkan peningkatan kemampuan teknologi kendaraan cerdas untuk dapat mengenali obyek di sekitarnya dalam berbagai lingkungan, dapat memberikan penilaian terhadap kondisi di sekitarnya, serta mampu bersinergi dengan baik dengan pengendara, kendaraan lain dan pejalan kaki. Sementara itu, Profesor Daniela Rus, pemimpin proyek pengujian mobil golf tanpa awak di Singapura ditunjuk sebagai pemimpin pusat penelitian di MIT.

Pengumuman ini hadir di saat industri teknologi dan otomotif terfokus pada otonomi kendaraan roda empat secara penuh. Selain Google, Apple dan Uber juga tengah mengembangkan mobil tanpa awak milik mereka. Produsen otomotif tradisional yang juga tengah mengembangkan beberapa bentuk mobil tanpa awak, antara lain Audi, BMW, dan Mercedes-Benz, yang belum lama ini mengakuisisi unit pemetaan Nokia Here, Ford, Volvo dan Tesla.

Toyota juga mengungkapkan bahwa penelitian ini akan terpusat pada manusia, berbeda dengan penelitian yang dilakukan oleh Google dan perusahaan teknologi lainnya. Toyota juga ingin menekankan kesenangan berkendara, dan berharap mendapatkan peluang menciptakan mobil yang dapat berkendara sendiri namun tetap menyenangkan untuk dikendarai. (HuffingtonPost)


(ABE)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA