Parkir Gedung DPRD DKI Bakal Dikenakan Tarif Progresif

Wanda Indana    •    Senin, 07 Sep 2015 11:12 WIB
parkir liarpungli
Parkir Gedung DPRD DKI Bakal Dikenakan Tarif Progresif
Petugas parkir di gerbang pintu masuk DPRD DKI. (Foto:MTVN/Wanda)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan tarif progresif di gedung DPRD DKI Jakarta untuk warga umum.  Sosialisasi mulai dilakukan hari ini. Selama masa sosialisasi tiap pengendara diberikan karcis, namun gratis.
 
Kepala Satuan Pelaksana Sarana Prasana UP Perpakiran‎ Dishubtrans DKI Siswanto Adi ‎mengatakan, tiap kendaraan akan dikenakan biaya Rp2000 per jam untuk sepeda motor, dan Rp4000 per jam untuk mobil.
 
"Tarif progresif seperti biasa 2.000 per jam untuk motor dan mobil 4.000 per jam. Sehingga aliran dana juga jelas," kata Siswanto di pintu gerbang gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (7/9/2015).
 
Siswanto menambahkan, anggota dewan tidak dikenakan biaya parkir. Sementara PNS DKI hanya dikenakan biaya Rp11 ribu per bulan untuk sepeda motor dan mobil Rp22 ribu.
 
"(Anggota) DPRD gratis. PNS bayar langganan Rp11 ribu per bulan. Untuk mobil Rp22 ribu sebulan. Tapi ini belum final," ujarnya.
 
Penertiban parkir liar ini masih dalam proses sosialiasi. Sosialisasi akan berlangsung selama 10 hari untuk mengevaluasi dan perbaikan standar operisional prosedur (SOP) parkir di gedung DPRD DKI. "Paling lambat 10 hari. Tinggal ngatur SOP dan tarif," katanya.
 
Pantauan Metrotvnews.com, ada empat petugas Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI bertugas membagikan karcis di depan pintu gerbang gedung DPRD DKI. Secara bergantian, petugas Dishub mencatat nomor polisi kendaraan yang masuk.
 
Ada pula 2 unit mesin palang otomatis untuk mengambil karcis yang diperunttukkan sepeda motor dan mobil. Namun, kedua mesin palang otomatis sementara belum dapat digunakan.
 
Di area basement, beberapa petugas parkir yang biasanya bertugas menertibkan sepeda motor sudah tak tampak lagi. Tugas mereka diambil alih oleh petugas Dishubtrans DKI.


(FZN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA