Keterbatasan SDM, 58 Desa di Gunungkidul Belum Cairkan Dana Desa

Erwin Hidayat    •    Senin, 07 Sep 2015 12:03 WIB
dana desa
Keterbatasan SDM, 58 Desa di Gunungkidul Belum Cairkan Dana Desa
Ilustrasi anggaran, Ant.

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Puluhan desa di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta belum mencairkan alokasi dana desa tahun anggaran 2015. Keterbatasan sumber daya manusia ditengarai jadi penyebab lambannya tingkat serapan.

Dari total 144 desa di Kabupaten Gunungkidul, baru 86 desa yang mencairkan alokasi dana desa. Sementara 58 desa lainnya hingga saat ini belum mencairkan dana desa.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah Gunungkidul, Siswanto, terhambatnya pencairan dana desa di puluhan desa ini akibat belum selesainya penetapan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

"Mundurnya APBDes disebabkan keterlambatan perubahan tiga peraturan pemerintah dan peraturan Mendagri terkait dana desa. Sehingga, setiap terjadi perubahan aturan desa juga wajib merekonstruksi ulang APBDes," kata Siswanto, di Gunungkidul, Senin (7/9/2015).

Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi desa yang tidak memiliki sumber daya manusia yang memadai. Belum bisa dicairkannya dana desa di 58 desa mengakibatkan program pembangunan yang sudah direncanakan oleh desa belum berjalan.

Pada saat yang sama, apabila penyerapan anggaran dana desa tidak mencapai 70 persen, pemerintah daerah akan mendapat pemotongan besaran anggaran dana desa pada tahun depan. Besaran anggaran akan ditentukan berdasarkan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) akhir tahun.

Untuk itu, pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus berupaya memacu penyelesaian APBDes perubahan. "Salah satunya dengan membentuk tim pendamping pengelolaan keuangan desa yang akan mulai bekerja minggu ini," ujar Siswanto.


(SAN)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

3 hours Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA