Hadapi Idul Adha, Pemprov Kaltim Sediakan 11.199 Sapi

Antara    •    Senin, 07 Sep 2015 12:28 WIB
idul adhasapi kurban
Hadapi Idul Adha, Pemprov Kaltim Sediakan 11.199 Sapi
Foto ilustrasi peternakan. (MI/Barry Fatahillah)

Metrotvnews.com, Samarinda: Menghadapi Idul Adha 1436 Hijriyah, Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyiapkan sapi kurban sebanyak 11.199 ekor atau 1.758 ton daging segar. Sapi didatangkan dari luar daerah.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kaltim Dadang Sudarya mengklaim jumlah sapi yang disiapkan tersebut mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama Idul Adha. Sebab, jumlah persediaan lebih banyak ketimbang perkiraan kebutuhan masyarakat.

Dadang memperkirakan masyarakat Kaltim membutuhkan sapi layak kurban sebanyak 10.921 ekor, atau setara dengan 1.715 ton daging segar. Ini berarti, sapi yang disiapkan selama musim lebaran masih kelebihan 278 ekor sapi, atau setara dengan 43 ton daging segar.

Dia mengatakan sapi-sapi itu kebanyakan masih didatangkan dari luar daerah. Karena peternak lokal belum mampu mencukupi permintaan sapi oleh warga setempat.

"Peternak sapi lokal di Kaltim hanya mampu mencukupi 24,75 persen dari total kebutuhan masyarakat terhadap sapi, sehingga selebihnya yang mencapai 75,25 persen harus didatangkan dari luar daerah seperti dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Palu, dan Jawa Timur," ucap Dadang, di Samarinda, Senin (7/9/2015).

Terkait dengan pemotongan hewan kurban yang layak, atau cara memperlakukan hewan dengan baik saat akan menyembelih, beberapa hari lalu pihaknya sudah melakukan pelatihan pada 80 juru semeblih hewan kurban. Ke- 80 juru sembelih itu memperoleh pelatihan dari berbagai narasumber mulai dari Dirjen Kesmavet dan Pascapanen Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan dari LP POM Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kaltim.



(SAN)