Ketua DPRD Sumut Datangi KPK

Yogi Bayu Aji    •    Senin, 07 Sep 2015 12:33 WIB
kpk tangkap hakim ptun
Ketua DPRD Sumut Datangi KPK
Gedung KPK (Foto:Yogi Bayu Aji)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPRD Sumatera Utara Ajib Shah menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ajib tiba di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada pukul 09.40 WIB, Senin (7/9/2015). Nama dia tak masuk dalam daftar pemeriksaan saksi di KPK.
 
Politikus Golkar itu tak berkomentar apa pun soal kedatangannya ke KPK. Kemungkinan dia akan dimintai keterangan soal dokumen interpelasi terhadap Gubernur Gatot yang disita dari Kantor DPRD pada Kamis 13 Agustus.
 
"Dokumen interpelasi diambil, tetapi tidak tahu apa hubungannya (dengan kasus yang diusut)," kata Ajib, Jumat 14 Agustus.
 
Ajib belum bisa memastikan mengapa kenapa dokumen itu disita KPK dalam kasus suap hakim dan panitera PTUN Medan. "Mungkin (KPK menduga) ada hal-hal yang aneh," ujarnya.
 
DPRD Sumatera Utara diketahui batal menggunakan hak interpelasi kepada Gubernur Gatot Pujo Nugroho. Keputusan diambil melalui pemungutan suara di dalam rapat paripurna DPRD Sumut.
 
Ada 88 anggota DPRD Sumut yang hadir dalam pengambilan keputusan tersebut. 52 orang menolak penggunaan hak interpelasi, sedangkan 35 orang menyatakan setuju dan satu orang abstain.
 
Ada empat hal yang dibahas dalam upaya penggunaan hak interpelasi tersebut. Yaitu pengelola  keuangan daerah, penerbitan Peraturan Gubernur Sumut Nomor 10 Tahun 2015 tentang Penjabaran APBD 2015, kebijakan pembangunan Pemprov Sumut, dan etika Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho sebagai kepala daerah.


(FZN)