11 Tahun Misteri Kematian Munir

Misbahol Munir    •    Senin, 07 Sep 2015 12:50 WIB
munir
11 Tahun Misteri Kematian Munir
Seorang aktivis yang berasal dari Sahabat Munir dan Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (Kasum) melakukan aksi ketika pelaksanaan Car Free Day di Kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (7/12).--Foto: Antara/Wahyu Putro

Munir, Selamat malam.
Sudah lenyap masih mencari,
Sudah mati masih Berani,--Joko Pinurbo


Metrotvnews.com, Jakarta: Demikian sepenggal puisi yang dipersembahkan Joko Pinurbo untuk kepergian aktivis hak asasi manusia (HAM) Munir. Kini, kasus Munir Said Thalib genap 11 tahun. Munir tewas dalam penerbangan dari Singapura menuju Amsterdam, Belanda, 7 September 2004.

Kasus Munir hingga kini tetap diselimuti misteri. Pengusutan kasus ini bak menemukan jalan buntu.

Tak ada perkembangan baru di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo mengenai misteri kematian suami Suciawati, ini. Di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pengusutan, penyelidikan, penyidikan, bahkan pengadilan kasus Munir telah digelar. Namun, siapa yang paling bertanggung jawab atas kasus ini masih menjadi teka-teki.

Bahkan, sosok Pollycarpus Budihari Priyanto yang divonis 14 tahun penjara oleh Pengadilan Tinggi Jakarta, yang diyakini membunuh Munir, dinyatakan tidak terbukti oleh Mahkamah Agung. Polly hanya dinyatakan bersalah dalam kasus pemalsuan surat jalan.

Sungguh kasus ini menjadi ironi. Seorang aktivis HAM telah tewas diracun. Sementara posisi hukum menunjukkan pembunuh Munir tidak ada.

Berbagai kalangan ikut memperingati 11 tahun kematian Munir. Termasuk pengguna media sosial, seperti Twitter. Berbagai ungkapan di Twitter bermunculan dengan hastag #11TahunMunir ikut memperingati 11 tahun meninggalnya Munir.

#11tahunMunir #MenolakLupa @iwanpals: "hukum harusnya jadi panglima" tapi mungkin sudah barangkali ya, yaitu "hukum uang.

Mana capres dulu yang pernah berjanji menuntaskan kasus Munir, mana kok sekarang seperti hilang ditelan bumi. Dusta belaka #11TahunMunir.

#AcehMelawanLupa Munir tetap ada dan berlipat ganda! #11TahunMunir

Bahkan Youth Justice Munir menggelar acara khusus memperingati 11 tahun Munir bersama Happy Salma, Seno Gumira Ajidarma dan Anamda Sukarlan. Acara itu akan berlangsung Senin September 2015 nanti malam di Cemara 6 Galeri-Museum, Jalan HOS Cokroaminoto 9-11 Menteng, Jakarta Pusat.


(MBM)