Percepat Pembangunan Kilang, Pemerintah Siapkan Perpres

Annisa ayu artanti    •    Senin, 07 Sep 2015 12:55 WIB
kilang minyak
Percepat Pembangunan Kilang, Pemerintah Siapkan Perpres
Ilustrasi kilang minyak. ANT/Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) terkait pembuatan kilang.

Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan penerbitan Perpres tersebut untuk mempercepat pembangunan kilang nasional yang ditargetkan dalam 10 tahun kedepan Indonesia akan memiliki empat kilang baru.

"Perpres kilang ini  bertujuan untuk mempercepat agar terintegrasinya pembangunan kilang nasional yang seperti kalian ketahui dalam 10 tahun kedepan kita butuh empat kilang dengan kapasitas 300 ribu barel per hari (bph)," kata Wirat dalam konferensi pers di Kantor Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Ia menjelaskan nantinya Perpres ini akan menjadi dasar hukum dan guidelines dalam pembangunan kilang kedepannya. Untuk opsi dalam Perpres tersebut, Ia menyebutkan ada empat opsi untuk percepatan pembangunan kilang.

"Pertama, kilang akan dibangun oleh badan usaha. Kedua, pembangunan kilang akan dilakukan dengan kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha. Ketiga, pembangunan kilang penugasan khusus akan diberikan kepada Pertamina. Keempat, pembangunan kilang dengan dana APBN," jelas dia.

Dengan terbitnya Perpres ini, pemerintah mengaharapkan akan banyak dampak positif yang akan didapatkan seperti terciptanya ketahanan energi nasional. Kemudian, nantinya Indonesia dapat memiliki penguasaan teknologi. Lalu, juga akan menimbulkan nilai tumbuh serta menciptakan lapangan pekerjaan. 



(SAW)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

25 minutes Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA