Kualifikasi Piala Eropa 2016

Loew Puji Gundogan sebagai Gelandang Terbaik Jerman

Kautsar Halim    •    Senin, 07 Sep 2015 13:07 WIB
piala eropa 2016
Loew Puji Gundogan sebagai Gelandang Terbaik Jerman
Pelatih jerman Joachim Loew (AP Photo/Scott Heppell)

Metotvnews.com, Frankfurt: Pelatih timnas Jerman Joachim Loew mengaku sangat senang memiliki pemain gelandang seperti Ilkay Gundogan. Menurutnya, gelandang Borussia Dortmund itu sukses menjadi pembeda saat Jerman menang 3-1 atas Polandia pada kualifikasi Piala Eropa 2016, Sabtu 5 September lalu.

"Ilkay tampil sebagai pemain cadangan dalam laga ini. Ia telah berhasil menjadi pembeda di lini tengah sehingga pertahanan kami tetap stabil," kata Loew.

Ilkay baru diturunkan Loew pada laga itu pada menit ke-54 untuk menggantikan Karim Bellarabi. Saat itu, tidak ada pilihan lain bagi Loew karena gelandang terbaik mereka, Sami Khedira, sedang cedera.     

Khedira yang ramai dikabarkan pindah dari Real Madrid ke Juventus memang telah terbukti rentan cedera. Ia melewatkan final Piala Dunia, Brasil, karena cedera betis dan belakangan ini cedera lutut parah malah tengah menghantuinya. Kabarnya, penanganan cedera itu bahkan bisa menghabiskan waktu selama tujuh bulan.

Dengan situasi tersebut, tak ayal jika Loew beralih memuji Gundogan. Pemain 24 tahun itu, dijelaskan Loew, pasti mendapat tempat di timnas Jerman yang akan datang karena kemampuannya sangat menawan.   

"Penampilannya memang makin meningkat setelah kami melakukan dua sampai tiga kali laga uji coba. Saya pikir dia sudah kembali menemukan permainannya yang hebat ketika kami menghadapi Belanda dan Prancis," ujar Loew.

"Kesempatan itu telah membuatnya menjadi pemain yang sangat berharga. Dia sangat lincah, selalu menjaga posisinya dan saya sangat senang telah memilikinya. Ditambah lagi, Khedira juga belum bisa dimainkan karena cedera. Jadi, sudah bisa dipastikan dia bakal menjadi salah satu pemain saya pada Euro 2016 dan Piala Dunia 2018," tandas pelatih asal Jerman tersebut.

Selanjutnya, dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016, Jerman bakal menghadapi Skotlandia, Selasa 8 September dini hari WIB. (Soccerway)

 


(KAU)