Pemerintah Bantah Adanya Relaksasi Impor

Annisa ayu artanti    •    Senin, 07 Sep 2015 14:10 WIB
kementerian esdm
Pemerintah Bantah Adanya Relaksasi Impor
Ilustrasi. ANT/Yusran Uccang

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan relaksasi untuk ekspor mineral mentah itu tidak benar. Pemerintah lebih memilih untuk mengembangkan hilirisasi produk tambang ketimbang melakukan kemudahan bagi ekspor mineral mentah.

"Saya jelaskan poin terakhir, beberapa media menulis relaksasi untuk ekspor mineral mentah, saya ingin tegaskan bahwa itu tudak benar," kata Sudirman dalam konferensi pers di Kantor Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Ia mengatakan demikian, lantaran pemerintah saat ini sedang konsentrasi dan komitmen pada sektor hilirisasi sebagai reformasi struktural perekonomian.

"Presiden kita mengatakan penguatan produksi untuk memperkuat industri kedepannya. Hilirisasi adalah untuk memperkuat pembangunan industri kita," ungkap dia.

Ia juga menjelaskan, nilai tambah mineral mentah itu jauh lebih rendah daripada olahan. Apa lagi sampai pada hilir. Maka, menurutnya sikap pemerintah ini jelas tidak ada relaksasi. 


(SAW)