Finish ke 12, Rio Terlempar dari Posisi 3 besar

   •    Senin, 07 Sep 2015 15:53 WIB
rio haryanto
Finish ke 12, Rio Terlempar dari Posisi 3 besar
Rio Haryanto (dok: gp2series.com)

Metrotvnews.com, Monza: Pembalap nasional Rio Haryanto akhirnya berada di posisi ke-12 pada race kedua atau "sprint race" seri ketujuh lomba balap mobil GP2 Series 2015 di Sirkuit Monza, Italia, Minggu malam waktu setempat.

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto, dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Minggu, menyebutkan bahwa pembalap yang tergabung dalam tim Campos Racing ini harus menutup "sprint race" kali ini di urutan ke-12, meskipun Rio sudah berusaha memaksimalkan kemampuan mobilnya.

Pembalap asal Solo, Jateng, tersebut menyentuh garus finis dengan catatan waktu 34:33.140 dari 21 kali putaran, sedangkan rekan setimnya pembalap asal Prancis Arthur Pic justru menyodok di posisi kedua dengan catatan waktu 34:18.597, sedangkan posisi pertama ditempati pembalap tim Russian Time Mitch Evans dengan catatan waktu 34:17.890, sedangkan posisi ketiga ditempati pembalap tim ART Grand Prix Stoffel Vandoorne dengan catatan waktu 34:18.956.

Pada lap pembuka "sprint race", Arthur Pic, langsung menyodok ke depan dari grid ke-2. Di belakangnya, Jordan King bertabrakan dengan Norman Nato di tikungan pertama. Rio pun langsung naik dua posisi dari urutan start ke-13.

Beberapa pembalap tampak memotong tikungan, tetapi tidak ada yang mendapat penalti, berbeda dengan hal yang dialami Rio dalam balapan pada hari Sabtu (5/9). Pada lap ke-6, Robert Visoiu menyundul Alexander Rossi sehingga keduanya harus tersingkir dari persaingan. Safety car pun diturunkan dan Rio kini hanya membutuhkan satu posisi lagi untuk mendapat poin.

Sirkuit Monza berkarakter sangat cepat. Di arena ini mobil GP2 dapat melaju hingga lebih dari 330 km/jam. Sayangnya, mobil Rio tidak memiliki kecepatan puncak tertinggi.  Setelah restart, pembalap lain pun dapat mencuri posisi di lintasan lurus meski Rio sudah melakukan manuver defensif.

Mitch Evans akhirnya menjadi juara setelah menyalip Pic di lap terakhir. Sementara itu, Rio harus menutup sprint race di urutan ke-12 ketika dia sudah berusaha memaksimalkan kemampuan mobilnya. Setelah ronde ini berakhir, kompetisi GP2 Series akan memiliki jeda hingga empat minggu dan memberi banyak waktu untuk evaluasi.

Masih tersisa tiga seri lagi dengan masing-masing dua balapan. Sepanjang musim ini yang telah berlangsung selama delapan ronde dan menghasilkan tiga kemenangan, Rio belum pernah mengganti mesin mobilnya. Mulai dari ronde berikutnya pada tanggal 9 s.d. 11 Oktober 2015 yang akan digelar di Sochi, Rusia, Rio akan memasang mesin baru. Diharapkan, mesin tersebut mampu mengantar Rio kembali ke puncak podium GP2 Series.

Rio Haryanto mengatakan bahwa dirinya telah mencoba yang terbaik pada awal start. Dia naik dua posisi, kemudian naik dua peringkat lagi sebelum safety car keluar.

"Setelah itu, saya harus bekerja keras di trek lurus dan menangani ketidakseimbangan mobil yang cenderung understeer. Akhir pekan yang tidak mudah, tetapi saya juga senang melihat para pemenang 'Pertamax & Fastron Go To Europe 2015' bisa hadir di Monza dan memberi saya dukungan," katanya.

Rio Haryanto mengatakan, "Sayang, saya belum bisa mencapai podium kali ini. Semoga saya dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk Indonesia pada tiga ronde terakhir." 

Dengan hasil di Monza ini, peringkat Rio Haryanto melorot satu tingkat dari tiga keempat klasemen sementara dengan total nilai 109, sedangkan posisi ketiga diraih pembalap tim Rapax S Sirotin dengan nilai 115, kemudian kedua adalah Alexander Rossi dari tim Racing Engineering dengan total nilai 153, sedangkan peringkat pertama masih diraih pembalap tim ART Grand Prix Stoffel Vandoorne dengan total nilai 261.

Secara tim Rio Haryanto dan Arthur ic di Campos Racing berada di posisi ketiga dengan total nilai 166, sedangkan kedua diraih Racing Engineering dengan total nilai 199, sedangkan posisi pertama diraih tim ART Grand Prix dengan nilai 309.

Seri kesembilan lomba balap mobil GP2 Series bakal dimainkan di Sirkuit Sochi, Rusia, pada tanggal 9 s.d. 11 Oktober 2015.(Ant)


(RIZ)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

4 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA