LPS: Diversifikasi Funding Bagus bagi Financial Deepening

Eko Nordiansyah    •    Senin, 07 Sep 2015 16:08 WIB
lps
LPS: Diversifikasi Funding Bagus bagi <i>Financial Deepening</i>
Ilustrasi LPS. MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan mengatakan, financial deepening yang tidak tergantung pada perbankan diharapkan akan memberikan diversifikasi bagi pendanaan.

"Sesuatu yang bagus ya, artinya ada diversifikasi funding. Kalau misal ada permasalahan dengan perbankan masih ada pasar modal, pasar obligasi, pasar saham yang bisa membantu membiayai pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya di Hotel Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Lebih lanjut, dirinya menyebut jika diversifikasi pembiayaan memang penting bagi Indonesia. Hal ini bertujuan juga untuk menambah variasi sumber pendanaan bagi pembangunan di negara ini.

Namun begitu, dirinya menilai jika pembiayaan dari pasar modal dan pasar efek tidak lebih stabil daripada pembiayaan yang bersumber dari perbankan. Selain itu, jangka waktu dari pasar modal dan pasar efek dirasa lebih berjangka waktu panjang.

"Namun kembali lagi, untuk jangka panjang harus diversifikasi. Kalau jangka pendek mungkin agak sulit karena pasar finansial, pasar modal global sedang terguncang, jadi memang cukup membutuhkan waktu," tutup dia.


(SAW)