Dapat Dana Desa Lebih Rp113 Juta, Drainase di Dusun Mojoanyar Diperbaiki

Nurul Hidayat    •    Senin, 07 Sep 2015 16:27 WIB
dana desa
Dapat Dana Desa Lebih Rp113 Juta, Drainase di Dusun Mojoanyar Diperbaiki
Ilustrasi dana desa, Ant

Metrotvnews.com, Jombang: Desa Purwotengah, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendapat pencairan dana desa sebesar Rp113,2 juta. Kepala Desa Purwotengah, Sigit, mengaku dana sebesar itu untuk memperbaiki drainase alias sistem saluran air. 

Sigit mengatakan sejumlah pekerja tengah membongkar drainase di Dusun Mojoanyar. Nantinya, pekerja akan membuat sistem drainase baru di dusun tersebut.

"Drainase di Mojoanyar sudah rusak dan berusia lebih 10 tahun. Sudah usang dan roboh," kata Sigit saat ditemui di kantornya, Senin (7/9/2015). 

Sigit mengaku menerima pencairan dana itu pada sepekan lalu. Pencairan tahap I itu baru 40 persen dari seluruh Dana Desa, yaitu Rp283 juta. Nantinya, pencairan tahap II sebesar 40 persen dan tahap III sebesar 20 persen.

Sigit mengaku ia dan anggota Tim Pelaksana Kegiatan mengambil dana tersebut di Kantor Kabupaten Jombang. Ia mengaku proses pencairannya memakan waktu kurang lebih sebulan karena harus melewati masa pengajuan proposal, verifikasi, dan ditindaklanjuti kabupaten.

Proses pencairannya dilakukan setelah desa menepati beberapa syarat. Satu di antaranya melunaskan pajak desa. 

"Syarat tersebut wajib dipenuhi oleh kepala desa yang akan mencairkan dana desa, jadi sedikit menjadi penghambat untuk pencairan karena menunggu pelunasan pajak, " ujar Sigit.

Sigit mengatakan ia mendapat informasi baru lima desa yang mengurusi pencairan dana desa. Sementara delapan lainnya masih dalam proses.


(RRN)