Terima Dubes Kanada, Ketua MPR Jelaskan Keberagaman Indonesia

Kesturi Haryunani    •    Senin, 07 Sep 2015 16:49 WIB
mpr ads
Terima Dubes Kanada, Ketua MPR Jelaskan Keberagaman Indonesia
Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima kunjungan Duta Besar Kanada Donald Bob‎iash -- dok.MPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kanada Donald Bob‎iash di ruang kerjanya, lantai 9 Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Terima kasih atas kedatangan yang mulia,” kata Zulkifli saat menyambut Dubes Kanada, Senin (7/9/2015).

Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli menjelaskan hubungan antara Indonesia dan Kanada tidak hanya antarpemerintah namun juga antarparlemen. Untuk meningkatkan hubungan antarparlemen, Zulkifli menginginkan Parlemen Kanada dapat berkunjung ke Indonesia.

“Kami ingin mengundang Parlemen Kanada agar tahu persis bagaimana Islam di sini,” ujar Zulkifli yang juga Ketua Umum PAN.

Mayoritas penduduk Indonesia memang beragama Islam. Namun, kata Zulkifli, pemeluk Islam di Indonesia berbeda dengan negara lain.

"Di Indonesia, antaragama bisa hidup berdampingan. Rumah ibadah juga saling berdekatan, semua tak masalah. Di Jakarta, Gubernurnya adalah orang keturunan Tionghoa. Sedang di NTT, Ketua DPRD-nya adalah orang muslim. Itu bukti adanya toleransi dalam kehidupan," terangnya.

Meski demikian, Zulkifli mengakui masih ada masalah bernuansa suku dan agama seperti di Tolikara, Papua. Hal demikian diakui sebagai ketidaksempurnaan hidup.

“Untuk itu kita teruskan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Zulkifli memaparkan, lembaganya mempunyai tugas mengawal Bhineka Tunggal Ika. Apapun suku dan agama di negara ini memiliki hak sama.

"Keragaman suku dan agama sudah selesai sejak Indonesia merdeka," kata Zulkifli.

Tantangan yang di hadapi saat ini adalah soal kemiskinan, peningkatan sumber daya manusia, serta mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain. “Itulah tantangan kami dan itu tugas MPR,” terangnya.


(NIN)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

1 hour Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA