Baru Direnovasi, Rusunawa Tambora Beralih Fungsi

Arga sumantri    •    Senin, 07 Sep 2015 17:02 WIB
rusunawa
Baru Direnovasi, Rusunawa Tambora Beralih Fungsi
Unit rusun tambora beralih fungsi. (Foto:MTVN/Arga Sumantri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penghuni rumah susun sewa (rusunawa) Tambora mengalih fungsikan unitnya sebagai tempat usaha. Padahal, pengelola sudah menyediakan tempat khusus di lantai satu untuk kios usaha.
 
Penelusuran Metrotvnews.com terlihat beberapa warga di lantai dua rusunawa Tambora buka warung. Mereka menjual beberapa jenis makanan, minuman, hingga air galon isi ulang.
 
"Belum apa-apa sih selama ini. Kios di bawah juga masih tutup mas," kata seorang wanita pemilik warung yang enggan menyebutkan namanya kepada Metrotvnews.com di rusunawa Tambora, Kelurahan Angke, Tambora, Jakarta Barat, Senin (7/9/2015).
 
Pengelola Rusunawa Tambora Ofik mengatakan, area untuk usaha hanya terletak di lantai satu. Sedangkan unit di lantai lainnya dilarang dijadikan tempat usaha. "Areal peruntukkan untuk kios lantai satu, kantor pengelolanya di lantai dasar," kata Ofik.
 
Pengelola masih memberi kesempatan pada warga yang buka warung di huniannya. Tindakan tegas bakal dilakukan sesaat setelah kios di lantai satu resmi dibuka. "Tidak bisa untuk warung. Setelah kios di lantai satu dibuka baru bakal ada sidak," ujar Ofik mengungkapkan.
 
Rusun Tambora terletak di Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Rusun diresmikan 24 Februari 2015, setelah renovasi pada November 2013. Rusun terdiri tiga tower. Masing-masing tower memiliki 16 lantai. Total unit di rusun Tambora mencapai 548 dengan luas per unit 30 meter per segi.
 
Untuk memudahkan penghuni, di setiap tower dilengkapi lift. Selain itu disediakan parkir kendaraan, klinik kesehatan, dan kompleks pertokoan di lantai dua.
 
Dengan fasilitas yang cukup mewah tersebut, Pemprov DKI Jakarta menarik iuran untuk biaya perawatan. Setiap bulan, penghuni wajib membayar Rp 458 ribu. "Belum termasuk listrik yang pakai sistem token dan air," ungkap Ofik.
 
Di dalamnya terdapat kamar mandi, dua kamar tidur, balkon jemuran serta dapur. Fasilitas di Rusunawa Tambora ini tergolong mewah. Sebab mereka punya lift untuk mengangkut orang, tempat pendidikan anak usia dini dan puskesmas di lantai dasar.
 


(FZN)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

14 minutes Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA