Serapan Anggaran Kemendag Baru 24% Ini Alasannya

Annisa ayu artanti    •    Senin, 07 Sep 2015 18:49 WIB
kementerian perdagangan
Serapan Anggaran Kemendag Baru 24% Ini Alasannya
Mendag Thomas Lembong. FOTOAntara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan mencatat serapan anggaran baru mencapai 24 persen dari pagu anggaran 2015 sebesar Rp3,5 triliun.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan rendahnya penyerapan ini dikarenakan masalah ketertinggalan penyusunan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dalam APBN-P 2015. Tapi Ia yakin dapat menggenjot penyerapan kekurangan anggarannya.

"Penyerapan yang masih rendah ini karena ketinggalan dalam proses APBN-P. DIPA program ini baru turun Juni. Terlambat juga di internal kami," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Sementara itu, Thomas mengusulkan untuk 2016 pagu anggara Kementerian Perdagangan sebesar Rp 4 triliun. Dengan dana tersebut, Ia mengatakan akan mengfokuskan pada empat salah satunya adalah revitalisasi atau perbaikan pasar-pasar tradisional.

‪"Di 2016, kami tata dalam 4 program. Pertama adalah program revitalisasi pasar, pasar rakyat yang dimaksud. Contohnya ada Pasar Klewer yang kemarin kebakaran itu butuh revitalisasi," ujar dia

Kemendag juga merencanakan untuk melaksanakan tiga pilar program utama yakni menjaga ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan pokok, meningkatkan ekspor dan kerja sama internasional dan reformasi birokrasi di Kementerian Perdagangan.‎‬

"Hal ini (tiga pilar ini) sangat penting dalam kondisi seperti ini. Kemudian pengawasan dan akuntabilitas stok komoditas, peningkatan efisiensi pasar dalam negeri serta peningkatan perlindungan konsumen," pungkas dia.


(SAW)