Dua BUMN Penopang Hasil Kelautan & Perikanan akan Diberdayakan Kembali

Husen Miftahudin    •    Senin, 07 Sep 2015 20:48 WIB
perikanan
Dua BUMN Penopang Hasil Kelautan & Perikanan akan Diberdayakan Kembali
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Antara/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan memberdayakan kembali dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menopang hasil kelautan dan perikanan. Dua perusahaan pelat merah tersebut adalah PT Perikanan Nusantara (Perinus) dan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perindo).

"Kami akan berdayakan kembali dua BUMN, Perinus dan Perindo," ujar Susi saat rakor bersama DPP dan DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) di kantor Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (7/9/2015).

Ia mengaku optimistis terhadap usulannya tersebut, meski dua perusahaan milik negara itu diambang kebangkrutan. Ia pun sudah membicarakan keinginannya tersebut kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dengan merombak manajemen dan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM).

Nantinya, lanjut Susi, dua BUMN itu akan bertugas menyerap hasil perikanan dari seluruh nelayan yang ada di Indonesia seperti Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) yang menyerap hasil pertanian. Hal ini dilakukan agar dapat menahan harga di tingkat nelayan tidak terlalu murah.

"Saya pikir sudah jatuh karena kebutuhan dalam negeri besar. Saya rasa nelayan akan senang karena harga ayam, daging saat ini mahal," pungkas Susi.


(AHL)