Air di Waduk Jatigede Bertambah, Banyak Warga Belum Pindah

Ismail    •    Senin, 07 Sep 2015 21:59 WIB
waduk jatigede
Air di Waduk Jatigede Bertambah, Banyak Warga Belum Pindah
Polisi ikut membantu warga pindah dari daerah terdampak Waduk Jatigede. Foto: Ismail/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Sumedang: Pascapenggenangan Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, masih ada masyarakat yang belum mendapatkan ganti rugi. Padahal, debit air semakin naik setelah pemerintah resmi menggenangi waduk itu pada 31 Agustus.

Selain ganti rugi, pengajuan komplain warga juga belum semua terakomodasi, termasuk ketidakjelasan tempat tinggal baru. Alhasil, saat debit air semakin bertambah, warga tetap bertahan di rumah mereka.

“Kami bingung bagaimana mau pindah. Uang ganti rugi saja belum cair,” ujar Tata, 43, warga Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja, Senin (7/9/2015).

Menurutnya, ganti rugi masih terkendala proses ahli waris di Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang. “Sehingga uang ganti rugi Rp29 juta belum bisa cair sebelum proses di pengadilan kelar,” ujarnya.

Sementara itu, sebagian warga yang sudah mendapatkan uang ganti rugi sudah mulai membongkar rumah dan berpindah ke tempat baru, meski mereka harus tinggal menginap di tempat kerabat dan sebagian harus tinggal di tenda.

“Di tempat baru kita belum punya rumah. Uang ganti rugi dari pemerintah paling hanya cukup untuk membeli tanah dan ongkos pindahan saja,” ujar Jajang, 54, warga Desa Cipaku.

Pantauan Metrotvnews.com, sejumlah anggota polisi dari Polres Sumedang dikerahkan membantu proses kepindahan warga.


(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

23 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA