Korban Kapal Malaysia Asal Jatim Lebih dari 8 Orang

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Senin, 07 Sep 2015 22:52 WIB
kapal tenggelam
Korban Kapal Malaysia Asal Jatim Lebih dari 8 Orang
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf berbincang dengan keluarga korban. Foto: MTVN/Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: TKI Malaysia asal Jawa Timur yang meninggal karena tenggelamnya kapal di perairan Malaysia, tercatat lebih dari delapan orang.

“Bukan hanya enam orang yang meninggal. Baru saja kami mendapatkan informasi ada dua orang TKI asal Jawa Timur juga menjadi korban. Dua korban tambahan itu adalah anak dari korban MD Tosan asal Pamekasan,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Senin (7/9/2015) malam.

Saifullah menjelaskan, rata-rata mereka berada di Malaysia lebih dari dua tahun. Mereka di Malaysia menjadi TKI. Ada juga yang di antara beberapa TKI asal Jawa Timur, seluruh keluarganya berada di Malaysia.

Saifullah menyatakan, pihaknya tidak ingin memperdebatkan dulu apakah mereka legal atau ilegal. Yang terpenting, kata dia, adalah mengurus jenazah korban dan sampai kepada keluarga korban di kampung halaman.

“Ini masalah people to people. Banyak juga TKI menjadi korban kekerasan di Malaysia. Kami tidak ingin warga Jawa Timur seperti itu,” ujarnya.

Sejauh ini baru tiga korban asal Jawa Timur yang dipulangkan. Mereka adalah MD Tosan, 60, dan istrinya Sunariyeh, 52, warga Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur; dan Suyanti, 32, warga Desa Sidorejo Sidomulyo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Kapal yang berisi puluhan TKI dari Malaysia yang hendak pulang ke Indonesia, karam di Perairan Sabak Bernam, Selangor, Malaysia, pada Kamis 3 September. Dikabarkan ada 24 penumpang yang ikut tenggelam dan tewas dalam peristiwa itu.


(UWA)

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

20 minutes Ago

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad melalui sambungan telepon mengatakan be…

BERITA LAINNYA