BPBD Jabar Tetapkan Status Siaga Antisipasi Kebakaran Hutan

Arief Pratama    •    Senin, 07 Sep 2015 23:13 WIB
kebakaran hutan
BPBD Jabar Tetapkan Status Siaga Antisipasi Kebakaran Hutan
Kebakaran hutan. Foto: Antara/ Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Memasuki fase kritis musim kemarau di Jawa Barat, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan status siaga untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau 2015 di seluruh hutan di Jawa Barat.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar Budiman menjelaskan jika BPBD juga fokus pada penanganan bencana kebakaran hutan selain mengatasi kekeringan yang semakin parah hingga Agustus lalu.

Menurut Budiman, BPBD terus berkordinasi dengan BPBD di kabupaten/kota di Jabar dan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Kehutanan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat, dan Perhutani. "Kordinasi kita lakukan terus-menerus," ujarnya, Senin (7/9/2015).

Pada Agustus 2015 terjadi dua kebakaran hutan cukup besar di Jawa Barat yakni di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, dan Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan.

"BPBD sudah mengantisipasi kebakaran di dua gunung tersebut. Untuk yang di Gunung Guntur, luas lahan yang terbakarnya sekitar 10 sampai 15 hektare. Sedangkan yang di Gunung Ciremai mencapai 30 hektare," katanya.

Kebakaran hutan di dua gunung tersebut, kata dia, diakibatkan karena suhu panas akibat musim kemarau. Kebakaran di dua tempat tersebut juga terjadi karena kecerobohan manusia di sana.

"Kebakaran di Gunung Ciremai diduga karena banyak warga membuang puntung rokok dan akhirnya menyulut kebakaran," katanya.


(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA