Menghina, Sastrawan Saut Situmorang Ditetapkan Tersangka

Wandi Yusuf    •    Senin, 07 Sep 2015 23:36 WIB
pencemaran nama baik
Menghina, Sastrawan Saut Situmorang Ditetapkan Tersangka
Fatin Hamama (jilbab hijau) di saat tiba di gedung Komnas Perempuan, Jakarta, Jumat (31/10/2014). Foto: MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Jakarta: Sastrawan Saut Situmorang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Jakarta Timur.

Saut sudah dilaporkan penyair dan ibu rumah tangga, Fatin Hamama, pada 31 Oktober 2014 lalu. Saat itu, Saut dan pegiat sastra Iwan Soekri Munaf dilaporkan karena dinilai melakukan kekerasan seksual lewat sosial media.

(Baca: Dihina, Komnas Perempuan Dukung Fatin Laporkan 2 Penggiat Sastra)

"Saut Situmorang kini statusnya menjadi tersangka. Itu semata karena penghinaan dia terhadap saya," kata Fatin, Senin (7/9/2015).

Fatin adalah satu dari 33 tokoh yang masuk dalam buku 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh. Buku itu sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan sastrawan di Indonesia.

Fatin jengah dengan hinaan Saut yang berkata tak senonoh di media sosial terhadap dirinya. "Cibirannya melecehkan saya," ujarnya.

Dalam surat tertanggal 2 September 2015 yang bertanda tangan Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur, Kompol Tejo Yuantoro itu, Saut diminta hadir untuk pemeriksaan pada Jumat, 11 September mendatang, sebagai tersangka.

Saut dituduh melakukan penghinaan/pencemaran nama baik melalui media elektronik sebagaimana dimaksud dalam pasal 45 ayat 1 jo pasal 27 ayat 3 UU RI Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau pasal 310 KUHP dan/atau pasal 311 KUHP.


(UWA)